Membongkar Fitnah rekayasa video HRS & Penari Telanjang

Setelah heboh dengan isyu chat mesum yang diduga sebagian orang tertentu telah dilakukan oleh FH dan Habib Rizieq (meskipun secara ilmiah pembuktian hal ini sesungguhnya sangat lemah sekali seperti yang telah kita bahasa beberapa waktu lalu), baru-baru ini publik digegerkan kembali dengan keberadaan sebuah video dimana Habib Rizieq seolah tengah menari bersama seorang penari striptis ditonton oleh sejumlah jemaah beliau.

Entah siapa yang mempublikasikannya pertama kali, namun video itu ternyata telah menjadi viral kemana-mana. Bahkan Cak Nun (Emha Ainun Nadjib) menurut pemberitaan telah juga ikut dikirim video itu melalui aplikasi WhatsApp beliau. Wallahua’lam.

Sepintas lalu, dalam pandangan mata orang awam, boleh jadi video tersebut tampak real. Seakan-akan memang benar terjadi. Tetapi tidak bagi seorang praktisi IT dan Telematika. Ibarat dalam kasus penyaliban Nabi ‘Isa, maka kejadian tersebut hanyalah subbihalahum alias diserupakan, disamarkan, dipalsukan dalam pandangan mata. Tetapi pada hakekatnya hal yang terjadi tidaklah seperti itu adanya.

Semua contoh dalam tulisan ini beranjak dari video rekayasa yang digunakan untuk memfitnah Habib Rizieq. Digunakan dalam rangka pembuktian secara ilmiah bila memang video striptis yang beredar itu bukanlah real alias memang sebuah rekayasa dari musuh-musuh Islam untuk menjatuhkan citra dan wibawa ulama, khususnya dalam kasus ini : Habib Rizieq.

Sebelumnya, saya minta maaf bila dalam pembuktian dari perspektif IT disini akan menampilkan contoh perempuan dengan aurat terbuka. Semoga Allah mengampuni kesalahan kita tersebut. Semua semata-mata hanya untuk membuktikan mana yang haq dan mana yang batil agar fitnah tidak terus berkembang ditengah umat Islam. InsyaAllah.

Baik kita mulai saja…. video yang viral dan tersebar luas di berbagai media sosial termasuk WhatsApp group itu adalah berikut ini :

Tampak dalam video diatas bagaimana seorang penari perut atau striptis seolah berada diatas panggung yang sama dengan Habib Rizieq dan mereka berdua terkesan sedang menari bersama.

Tapi tahukah anda bahwa video itu sebetulnya rekayasa. Sebab video asli Habib Rizieq yang ada dalam video fitnah itu adalah sebagai berikut :

Nah lalu bagaimana video penari striptis ini? jawabnya diambil dari channel youtube Juan Sillero (link : https://www.youtube.com/user/TheJuansillero). Berikut adalah video asli penari tersebut :

Video tersebut diupload oleh Juan Sillero 3 tahun lalu di channelnya.

Jika anda tidak dapat mengaksesnya karena sesuatu dan lain hal, saya telah membuat backup di channel saya :

Video penari striptis ini pada dasarnya adalah salah satu contoh modelling dalam pembelajaran video dengan teknik Greenscreen yang ditampilkan oleh Juan Sillero dalam channel youtubenya tersebut. Selain video penari striptis itu, ada beberapa lagi video yang sejenis dapat kita temukan di channelnya termasuk contoh tokoh-tokoh hero seperti Spiderman, Superman atau tokoh kocak Mr. Bean.

Penggunaan Greenscreen sendiri jamak dilakukan dalam rekayasa perfileman Hollywood, seperti misalnya dapat anda lihat dalam video berikut :

Saya sendiri pernah mendapat pelatihan teknik greenscreen ini beberapa tahun lalu di Pustekkom Jakarta.

Untuk mengolah greenscreen ini sendiri tidak terlalu sulit. Bahkan dengan ponsel Android biasapun setiap orang dapat melakukannya. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan misalnya adalah KineMaster seperti contoh berikut :

Berikut kita coba gunakan teknik yang sama untuk membongkar kasus video rekayasa yang telah memfitnah Habib Rizieq ini :

Contoh setelah jadi videonya :

Contoh lain :

Bagaimana? Apakah anda masih mau percaya dengan video Habib Rizieq yang disisipi oleh penari striptis tersebut? Hati-hatilah dalam menilai dan menghakimi ulama… mereka adalah warosatul ‘anbiya. Hanya setan yang tidak menyukai para kekasih Allah. Apakah anda salah satunya? 

Semoga Allah masih memberi pelaku pembuat video fitnah ini waktu untuk bertobat dan kembali kejalan yang benar.

Catatan tambahan : Kinemaster bukan satu-satunya aplikasi yang dapat digunakan untuk mengintegrasikan video berlatar belakang hijau (greenscreen) kedalam video lain yang berbeda. Masih banyak aplikasi lain diluar Kinemaster, misalnya diantaranya adalah ZS4 Video Editor, Virualdub, VSDC Free Video Editor, Wax, iMove, Filmora dan sebagainya.

Armansyah
Praktisi IT

28 Romadhon 1438H/23 Juni 2017
Palembang Darussalam.

 

Advertisements

Tinggalkan komentar anda ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: