Romadhon, kesabaran dan jihad

Romadhon adalah bulan suci karena didalamnya diturunkan wahyu al-Qur’an yang menjadi the final revelation as a guidance for the human being. Romadhon adalah bulan kontemplasi diri sebab umat diperintahkan untuk dapat mengendalikan dirinya tidak hanya terhadap perilaku yang harom namun juga mengendalikan sejumlah perbuatan halal hingga tiba batas waktunya.

Meski demikian, Romadhon tidak dapat menjadi alasan untuk mencegah diri dari beramar ma’ruf nahi munkar. Kadang orang sengaja menyusupkan pemahaman keliru tentang makna kesabaran dibulan romadhon. Faktanya sesuai sirah Nabawiyah dan tarikh para Khilafah justru ada sejumlah peperangan suci yang notabene dilakukan pada bulan Romadhon. Artinya apa?

Romadhon juga bulan jihad terhadap kejahatan, ketidakadilan serta ketidakbenaran. Jihad dapat diwujudkan dalam bentuk fisik seperti di Suriah, Gaza, Rohingya dan sejumlah tempat lainnya, jihad dapat pula dimaknai dalam bentuk aktivitas seperti menyedekahkan harta, tenaga, waktu, ilmu dan pikiran demi kemaslahatan umat dan terminimalisirnya ekses negatif yang bisa ditimbulkan oleh para pelakunya.

Armansyah, 13 Romadhon 1436H
Palembang Darussalam.

Advertisements

Tinggalkan komentar anda ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: