Bacaan Bilal Taraweh (Edukasi untuk ananda)

Malam pertama saya mengajak ke-2 ananda sholat tarawih sebagai makmum disalah satu masjid umum. Ketika mulai masuk prosesi tarawih, si sulung kaget mendengar bacaan Bilal masjid yang menyerukan “Subhanal Malikil Ma’budi …” dan seterusnya begitupula ketika masuk Witir ada bacaan niat “Usholli sunnatal witri….” dan seterusnya.

Dia bilang bahwa saya kalau jadi imam tarawih tidak pernah baca yang begituan… saya jawab, itu bacaan bagus nak tetapi pemahaman kita beda sama mereka. Terus ananda tanya lagi, kenapa kita sholat disini jika beda? | saya jawab, agar kamu tahu bahwa disekitar kita ada banyak orang-orang yang berbeda dengan kita. | Eh dia nanya lagi, Kok kita harus beda sama orang-orang itu pa? | Saya jawab, ya karena pikiran dan ilmu setiap orang khan berbeda, disitulah seninya hidup. Mereka itu tadi membaca bacaan yang bagus, tetapi kenapa Papa tidak mengikuti cara mereka? jawabnya karena Papa tidak mendapatkan ilmu tersebut dari Sunnah yang pernah dilakukan oleh Rasulullah maupun para khalifah beliau.

Jadi, kita ikut sholat sunnahnya namun kita tidak melakukan apa yang mereka lakukan. | Sang ananda akhirnya manggut-manggut.

02 Ramadhan 1436H.
Armansyah

Original posted: FB.

Advertisements

Tinggalkan komentar anda ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: