Siapa yang melepas pakaian kita?

Sahabat, pagi ini kita mandi dan mengenakan pakaian bagus, memasang jam dipergelangan tangan dan ow, mungkin pula plus memasang cincin batu akik dilingkar jari jemari anda. Tapi yakinkah anda jika sore nanti anda akan kembali mandi dan membuka sendiri pakaian yang anda kenakan pada pagi harinya tadi?

Boleh jadi, bukan kita sendiri yang akan membuka pakaian yang kita kenakan itu. Bukan kita sendiri yang melepas jam dan cincin batu akik tadi dari tubuh kita. Mungkin anak kita, istri kita, suami kita, keluarga kita, tetangga atau bahkan orang lain yang belum pernah kita kenal semasa hidup kita. Kenapa? karena boleh jadi pagi tadi itu merupakan saat terakhir buat kita secara pribadi melakukan aktivitas rutin itu. Di sore hati nanti, mungkin ada diantara kita yang sudah akan terbujur kaku menjadi mayat. Entah karena sakit, kecelakaan atau sebab-sebab lahiriah lainnya.

Jadi maksudnya apa nih? pinter-pinter mawas diri. Sering-sering ingat kepada Allah. Eling marang Gusti Allah bro. Itu kematian, gak pernah kulo nuwon ngasih warning sama kita terkait final callingnya. Kalau dia sudah datang ya habis sudah semua perkara kita, tanpa perduli kita ada dimana, sedang apa dan bersama siapa. Jarak hidup dan mati itu tipis. Kita boleh jadi takut-takut-takut sekali membicarakan hal ihwal kematian ini, tapi ya apa boleh buat, toh kita memang diperintahkan untuk selalu mengingat mati.

Olehnya maka berbuat banyak untuk dunia ini boleh-boleh saja. Cinta dunia adalah bagian dari fitrah kita. Ingin selalu dihormati, dihargai atau dicintai dan sebagainya. Ada pepatah Jawa : Yen Tresna Ora Mung Njaga Rupane.Nanging Uga Njaga Uripe Tetep Ning Dalan Gustine. Kalau benar-benar cinta tidak cuma menjaga wajahnya,tetapi juga menjaga hidupnya tetap dijalan Tuhan-Nya. Wong sesuk kuwi kabel bakal mati dipundhut, bali Allah ngadhep marang Allah sing mengerani alam kabeh (Rabbul ‘Alamin). Sak perlu mempertanggungjawabkan amal tumindak naliko urip ono ing ngalam donya.

Jelang Dzuhur waktu Palembang,
29 April 2015

Armansyah
Original posted: https://www.facebook.com/armansyah/posts/10153193036478444.

Tinggalkan komentar anda ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: