Isyu Mole-People yang menggegerkan (Tanggapan)

Oleh : Armansyah

Adanya pemberitaan beberapa waktu terakhir terkait “ribuan makhluk seram hidup dalam tanah naik ke atas bumi” yang dilansir oleh salah satu media pada dasarnya hanya sebuah sensasi saja. Saya berusaha menemukan berita asli yang menjadi sumber pemberitaan tersebut namun tidak saya temukan di internet. Adapun beberapa tanggapan terkait makhluk yang disebut sebagai “mole-people” ini hanya sebatas alamat blog yang validasinya meragukan.

Cerita tentang mole-people sendiri menurut wikipedia bersumber dari urban-legends yang belum terbukti sampai hari ini.

mole_people_wiki

Masih terkait dengan hal itu, dalam pengembaraan didunia maya, saya juga menemukan sebuah film tua hitam-putih dengan judul “The Mole People (1956)“. Tapi film itu sendiri adalah bergenre fiksi bukan based on fact ataupun bersumber pada literatur sejarah tertentu.

film_molepeople

Pada Januari 1993 terbit buku Jennifer Toth dengan judul “The Mole People: Life in the Tunnels Beneath New York City“. Tapi ya sama seperti film diatas, fiksi.

buku__molep

Berita yang kemudian dijadikan heboh di Indonesia melalui judul “ribuan makhluk seram hidup dalam tanah naik ke atas bumi” menulis bahwa “sebuah penemuan mengejutkan terjadi di Amerika Serikat. Satu kaum primitif yang di panggil Mole People hidup 20 mil di bawah tanah. Dengan menggunakan terowongan rahasia, mereka memasuki USA….. dst.

sumber_berita_tribun

Sekali lagi, saya tidak menemukan sumber aslinya. Logika bodohnya tidak mungkin sebuah berita yang memang heboh seperti ini hanya dimuat oleh media lokal nasional saja. Terlebih jika benar itu terjadi di Amerika, tentu banyak media sana yang akan ikut memberitakannya, tak kurang twit maupun status-status di facebookpun akan ramai

Satu-satunya berita sejenis yang dapat saya temukan adalah bersumber dari website weeklyworldnews[dot]com. Disana di tuliskan “The U.S. military has found a race of Mole People, and may be planning to exploit them! Weekly World News has uncovered the shocking discovery of a race of underground Mole People living 20 miles beneath the Earth, using secret tunnels to enter the United States. This discovery was made not by archaeologists, but by military scientists tunneling deep inside the Earth – and an insider has leaked exclusive photos and information about these “cave people”.”

weeklyworld_molep

Tapi tunggu dulu… situs weeklyworldnews adalah sebuah website yang sering memberitakan hal-hal bersifat hoax atau tipuan. Masih ingat dulu ketika ada pemberitaan tentang rencana ditutupnya Facebook oleh Mark Zuckerberg pada bulan Mei 2013? Nah, berita bohong tersebut juga berasal dari website ini! Begitupula heboh bumi akan ditabrak oleh planet Nibiru pada Desember 2013. Pun berasal dari website tersebut.

weekly_fbberakhir

Mengaitkannya dengan Ya’yuj Ma’juj seperti yang dilansir oleh sejumlah blog muslim, pada hakekatnya fine-fine saja, lah yang namanya opini dan tafsir orang per-orang khan tak ada yang dapat menghalangi. Tetapi toh pada akhirnya eksistensi dari mole-people ini sampai hari ini belum ada bukti yang otentik. Berbeda jika ingin disandingkan dengan teori piring terbang atau aliens yang banyak terdokumentasikan diseluruh dunia.

Jadi, hemat saya masyarakat tidak perlu terlalu heboh atau terprovokasi oleh berita tersebut. Entah apa maksud dari dimuatnya berita ini, saya hanya dapat berkata Wallahua’lam.

Salam dari Palembang Darussalam.
04 Maret 2015

Armansyah Azmatkhan.

Link Film “The Mole People (1956)”:
http://4vid.net/the-mole-people-1956-movie-trailer.html

Link Wikipedia:
http://en.wikipedia.org/wiki/Mole_people

Link WeeklyWorldNews:
Mole People :
http://weeklyworldnews.com/…/3…/mole-people-being-exploited/

Nibiru:
http://weeklyworldnews.com/…/earth-to-collide-with-nibiru-…/

Facebook akan berakhir:
http://weeklyworldnews.com/…/2…/facebook-will-end-on-ma-15th

Link buku Jennifer Toth dengan judul “The Mole People: Life in the Tunnels Beneath New York City”:
http://www.amazon.com/The-Mole-People-Tunnels-…/…/155652241X

Link berita Geger! Ribuan Makhluk Seram Hidup Dalam Tanah, Naik ke Atas Bumi :
http://manado.tribunnews.com/…/geger-ribuan-makhluk-seram-h…

Tinggalkan komentar anda ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: