The Four vs Undercover Agent (Review Film Mandarin Klasik)

Status kali ini saya buat sedikit beda…. jarang-jarang saya mau cerita tentang film khan? Nah meski saya tak suka dengan sosok Ahok bukan berarti saya tidak menyenangi semua hal yang berbau china.

Dulu, sekitar tahun 85-86 ada satu judul film china klasik yang sangat saya sukai. Judulnya: Si Da Ming Bu atau diterjemahkan dalam bahasa Inggris dengan judul Under Cover Agent.

Kisah film ini tentang 4 pendekar golongan putih yang bergelar Emotionless (si kejam), Iron Hands (Tangan besi), Life Snatcher (Pengejar Nyawa) dan Cold Blood (si darah dingin). Mereka ditugaskan oleh gurunya, tuan Wong, untuk menjaga keselamatan kaisar Hui dari para pemberontak kerajaan.

undercoveragent

 

Film ini dulu saya tonton sewaktu masih jaman-jamannya video betamax (namanya juga era 80-an, mana ada DVD gan). Ketika itu film ini ada 2 episode terpisah. Masing-masing dimainkan oleh pemeran berbeda (tapi uniknya pemeran kaisarnya tetap sama). Filmnya bagus dan murni martial art (tentu saja tetap ada unsur spesial efeknya), tidak ada adegan dewasa berbau pornografi atau mengandung kata-kata kotor caci maki seperti kebanyakan film jaman sekarang. Pakaian para pemainnya juga tertutup, betul-betul klasik ala film-filmnya Pendekar Harum, ulat sutera atau Tio Bukinya Andy Lau.

Sejak 2012 lalu, film ini diangkat kembali tapi dalam format layar lebar. Judulnya berubah menjadi: The Four. Ceritanya pun ikut berbeda, bahkan salah satu pendekar utamanya dirubah dari laki-laki menjadi perempuan (yaitu tokoh Emotionless yang kakinya lumpuh dan selalu berada diatas kursi rodanya).

thefour

Meski dibuat sekuel sebanyak 3 seri (film the four 3 baru rilis Agustus 2014 ini) plus dibantu spesial efek modern namun film ini tidak mampu menyaingi versi videonya dulu yang lebih original. Baik dari skenario cerita hingga teknik laga kungfunya.

Bagi yang tertarik melihat cuplikan film Under Cover Agent alias The Four versi aslinya, berikut sudah saya siapkan preview dari Episode 1 seri pertama.

 

Hm. Ada diantara kawan-kawan yang pernah juga menonton film Under Cover Agent ditahun 80-an?

Tinggalkan komentar anda ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: