Kehebatan Nabi Sulaiman

Nabi Sulaiman mungkin adalah Nabi paling unik diantara semua nabi-nabi. Ada banyak cerita yang diungkap oleh al-Qur’an tentang Nabi satu ini. Dari sisi nasab, beliau bernasabkan pada Nabi Daud, seorang raja besar dari kalangan Bani Israel. Beliau dikaruniai kemampuan untuk mengerti bahasa hewan. Didalam al-Qur’an diceritakan bagaimana dialognya dengan burung Hud-hud yang akhirnya membawa episode pertemuannya dengan ratu Saba’. Nabi Sulaiman juga diceritakan mampu mengerti bahasa semut. (Lihat surah An-Naml ayat 16 s/d 22).

Bahkan lebih jauh beliaupun mampu menundukkan bangsa Jin dan memerintah mereka sesuai dengan keinginannya. Mulai dari operasional diatas bumi hingga menyelam kedasar laut. (Rujukan surah An-Naml ayat 17, surah al-Anbiya ayat 82 dan Surah Saba’ ayat 13)

Selanjutnya, Nabi Sulaiman adalah Nabi yang memiliki teknologi angin (lihat ayat 81 dari surah al-Anbiya), yang mana dengan angin itu beliau dapat kemana saja dalam waktu yang sangat singkat. Al-Qur’an dalam surah Saba’ ayat 12 secara jelas menuturkan bila perbandingan perjalanannya diwaktu pagi dan sore pada hari yang sama….serupa dengan 2 bulan perjalanan orang biasa dari titik A ke titik B.

Masih belum cukup keunikan putra Daud ini, beliau memiliki tentara yang cerdas sehingga dapat memindahkan singgasana ratu Saba’ sebelum mata berkedip. Jika rata-rata jarak kedipan mata normal mencapai 300-400 mili detik maka proses pemindahan itu berlangsung kurang dari itu. (Rujukan surah An-Naml ayat 40)

Selesai? belum….
Nabi Sulaiman juga adalah orang yang mumpuni dibidang hukum dan syukur (Rujukan surah al-Anbiya ayat 79 dan An-Naml ayat 15)

Apakah semua kemampuan Nabi Sulaiman diatas sebagai sesuatu yang bersifat penuh keajaiban keghaiban? atau memang pernah dicapai suatu teknologi tinggi pada masa itu yang melebihi teknologi yang pernah dicapai oleh peradaban modern ini?

Dilihat dari sudut kemampuannya, setidaknya Nabi Sulaiman telah menggenggam teknologi informasi dan komunikasi yang tinggi hingga teknologi teleportasi dan kecepatan cahaya ala film star trek.

 

Bumi Palembang Darussalam, 29 Agustus 2014

Advertisements
%d bloggers like this: