Memantaskan diri

Suatu hari seorang murid yang baru belajar komputer dengan sikap penuh percaya diri mengeluarkan sebuah flashdisk dari dalam tasnya dan langsung menghubungkannya ke salah satu pc desktop. Rupanya sang murid hendak menyalin data dari komputer itu kedalam flashdisknya. Beberapa saat kemudian sang murid tampak kesal, bingung dan gelisah. Usut punya usut, ternyata data yang hendak ia salin dari dalam pc memiliki kapasitas file 32Gb, sedangkan flashdisk miliknya itu hanya muat menampung data sebesar 8Gb saja.

Ya tak mungkin bisalah memasukkan data 32 Gb kedalam flashdisk berkapasitas 8 Gb, dipaksa-paksa juga percuma. Jikapun file didalam pc itu akan dikompres dengan winzip, winrar atah lha sekalipun tetap mustahil untuk merampingkan kapasitas seukuran flashdisknya. Jaman dulu iya kapasitas harddisk masih bisa dimanipulasi dengan aplikasi doublespace atau drivespace bawaan MS-Dos, tapi sekarang sudah jamannya windows 8 bung. Kita sudah berada di era clouds computing. Tidak jamannya lagi bermain di 16 bit. Orang masa kini tinggal upload data ke googledrive atau dropbox, bukan pusing mikirin trik manipulasi ruang penyimpanan konvensional. 

Begitulah pula halnya dengan kita dalam kehidupan ini. Jika kita ingin mendapatkan jodoh yang baik, ingin mendapatkan pekerjaan yang layak dengan gaji yang juga besar maka kita harus memantaskan dulu diri kita sendiri. Perbagus akhlak, pertebal taqwa dan luaskan ilmu. InsyaAllah jodoh yang pantas, pekerjaan dengan posisi terhormat dan gaji berlimpah akan dengan sendirinya mendatangi kita. Tak usah lagilah pakai cara lama mau akal-akalan biar terlihat kaya, biar terlihat terhormat ataupun sholeh karena toh suatu saat kebohongan kita itu pasti akan terbongkar. 

Tapi bila kita tetap stagnan, tidak mau berubah menjadi lebih baik, tidak mau menambah ilmu dan kemampuan, tidak mau berakhlak mulia, ya jodoh kita dan pekerjaan kita akhirnya sesuai kelas kita itulah. Bisanya cuma menyalin data maksimum 8 Gb ya gak mungkin bisa menampung data 32 Gb.

Ayo fokus kita sama-sama memperbaiki diri….. untuk yang masih jomblo khususnya, jika anda sudah merasa baik, mulia dan pantas….. tapi masih juga belum bertemu pasangan yang menurut anda “sekelas”…. tak usah khawatir. Ingat nih ya pesan saya…. Allah itu maha kuasa mengatur peredaran bulan dan matahari terhadap bumi sesuai garis orbitnya, bahkan Allah mampu mengatur benda-benda langit lainnya yang masing-masing berjarak ratusan tahun cahaya….. maka Allah juga pasti maha kuasa untuk mengatur pergerakan calon pasangan hidup anda yang jaraknya cuma puluhan atau ratusan kilometer dari anda sekarang. Bertawakkal sepenuhnya pada Allah Azza Wajalla.

Diposting pada Timeline Facebook, 19 Agustus 2014

Armansyah Azmatkhan.

Tinggalkan komentar anda ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: