Posisi Ustadz (antara Bilal, Makmum dan Imam)

Ditulis oleh Armansyah Azmatkhan

10 April 2014

Ustadz kerjanya tidak cuma disurau atau masjid saja. Ustadz juga harus keluar masuk pasar memantau perekonomian rakyat. Jadi, ustadz juga perlu mengerti ilmu ekonomi. Ustadz, harus juga turun ke politik praktis. Jadi ustadz juga perlu paham ilmu politik, baik itu politik Islam ataupun politik sekuler. Seorang ustadz, juga perlu terjun kejalanan dan pelosok-pelosok desa, membantu orang-orang yang terkena bencana sekaligus bertindak sebagai garda terdepannya. Seorang ustadz, juga perlu ada dibelakang meja pendidikan, mentarbiyah dan mempersiapkan kurikulum Islami untuk pembinaan akhlak serta iman calon umat penerusnya. Jadi, ustadz juga perlu menjadi seorang guru. O.iya, arti ustadz itu sendiri khan guru ya…. hehehe… baiklah. Sekarang, apa itu harus tersentralisasi pada diri satu ustadz saja?

Jawabnya ya tidaklah. Namanya juga ustadz. Arti dari istilah ustadz khan plural. Jika dari awal saya tulisnya Asatidz, maka iya hanya satu orang. 

Dari sini maksudnya, mari sama-sama saling bersinergi. Sama berfastabiqul khoirot tanpa harus saling bersinggungan. Ulurkan tangan bekerja sama dan saling menjaga kehormatan satu dengan yang lain. Saling membina asuhannya agar ukhuwah dan kaderisasi semakin menjadi kuat dan siap untuk tampil dimasa yang akan datang. Saling mengemukakan solusi untuk perbaikan nasib bangsa dan mau untuk saling mendengarkan kesulitan dibidangnya masing-masing.

Terakhir, para ustadz harus mau bersikap besar jiwa menunjuk satu asatidz untuk berposisi sebagai imam didepan, satu asatidz lagi menjadi bilal dan yang lain menjadi makmum. Jika imam batal, bersiaplah makmum dibelakangnya mengambil alih secara estafet posisi sang imam. Tiadalah mungkin semua ustadz bertindak sebagai makmum atau semuanya bertindak menjadi Imam. Tak akan terselenggaralah sholat berjemaah jika demikian adanya.

Aduhay, indahnya Islam itu sebenarnya.

Palembang,

Mgs Armansyah Sutan Sampono Azmatkhan.

Tinggalkan komentar anda ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: