Hukum menjual kucing dan anjing

Ada pertanyaan yang masuk di Timeline Facebook saya pada tanggal 27 Maret 2014 lalu dari salah satu Dokter Hewan di Palembang mengenai hukum penjualan kucing dan anjing didalam Islam. Beliau mendapatkan link dari salah satu situs yang membahas mengenainya dan menghukuminya terlarang.

Link asli pertanyaan dari dokter ini bisa diakses disini: https://www.facebook.com/armansyah/posts/736721066359362?stream_ref=10

Jawab saya:

Masalah ini pernah beberapa kali juga ditanyakan kepada saya sebelum ini, jawaban saya adalah riwayat ataupun nash yang mengatakan hal demikian tidak kuat.

kucing-persia2

Berikut nash-nash lengkapnya :

Sunan Tirmidzi 1200: Telah menceritakan kepada kami Ali bin Hujr dan Ali bin Khasyram keduanya berkata; telah memberitakan kepada kami Isa bin Yunus dari Al A’masy dari Abu Sufyan dari Jabir ia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melarang hasil penjualan anjing dan kucing. Abu Isa berkata; Hadits ini sanadnya tergoncang dan tidak sah dalam kalimat: Hasil penjualan kucing. Hadits ini telah diriwayatkan dari Al A’masy dari sebagian sahabatnya dari Jabir dan mereka merasa bimbang terhadap Al A’masy dalam periwayatan hadits ini, serta dan ada dari kalangan ulama’ yang memakruhkan uang hasil penjualan kucing namun sebagian mereka memperbolehkan, ini adalah pendapat Ahmad dan Ishaq. Dan Ibnu Fudhail meriwayatkan dari Al A’masy dari Abu Hazim dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dari selain jalur ini.

Sunan Tirmidzi 1202: Telah mengabarkan kepada kami Abu Kuraib, telah mengabarkan kepada kami Waki’ dari Hammad bin Salamah dari Abu Al Muhazzim dari Abu Hurairah ia berkata; Beliau melarang uang hasil penjualan anjing, kecuali anjing pemburu. Abu Isa berkata; Hadits ini tidak shahih dari jalur ini. Abu Al Muhazzim bernama Yazid bin Sufyan, Syu’bah bin Al Hajjaj mengomentari serta mendha’ifkannya. Telah diriwayatkan dari Jabir dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam seperti ini, namun sanadnya juga tidak shahih.

Sunan Nasa’i 4589: Telah mengabarkan kepada kami Ibrahim bin Al Hasan, ia berkata; telah memberitakan kepada kami Hajjaj bin Muhammad dari Hammad bin Salamah dari Abu Az Zubair dari Jabir bin Abdullah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melarang dari menjual anjing dan kucing kecuali anjing pemburu. Abdur Rahman berkata; hadits ini adalah mungkar

Musnad Ahmad 13891: Telah bercerita kepada kami ‘Abbad Bin Al ‘Awwam dari Al Hasan Bin Abu Ja’far dari Abu Az Zubair dari Jabir bin Abdullah berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melarang hasil penjualan anjing kecuali anjing yang dididik untuk tugas khusus.

kucing-persia

Tinggalkan komentar anda ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: