Jalan Dakwah masih terbuka lebar

Bagi anda yang masih bingung menentukan jalan hidup, maka saya sampaikan bahwa jalan dakwah masih terbuka lebar. Masih banyaknya kemiskinan, keluarga berantakan, moralitas penguasa yang bobrok, pergaulan bebas dan dangkalnya pemahaman Tauhid adalah contoh-contoh lahan dakwah yang butuh tenaga dan pemikir profesional.

Untuk berdakwah tidak harus menunggu masyarakat menggelari anda sebagai pak ustadz, pak kiyai atau bapak ulama dan ibu Ustadzah. Tetapi dengan menjadi tenaga-tenaga profesional dalam membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut dengan dasar Al-Qur’an, Sunnah, ilmu pengetahuan yang sejalan, muamalah yang syar’i, penulisan kata-kata serta artikel yang meneguhkan keyakinan keberimanan dan membuat mereka semakin mencintai Allah adalah contoh lain dari jalan dakwah yang sama mulianya di hadapan Allah SWT dengan mereka-mereka yang sibuk berceramah diatas panggung dan televisi dari satu tempat ke tempat lainnya.

Anda pedagang, maka berdaganglah hal-hal yang sejalan dengan syari’at, ajaklah para pembeli anda kejalan Allah melalui dagangan anda. Bila anda guru, maka ajarkanlah juga murid-murid anda tentang Tuhannya, tentang adab dan akhlaknya yang sesuai dengan syari’at Islam. Begitu seterusnya.

Setiap kita punya peranan masing-masing dalam mengemban risalah Allah selaku Khalifah-Nya. Jadi, mari kita mainkan peranan kita itu seoptimal mungkin sebagai ladang amal dalam mencari keridhoan-Nya.

Note. Jalan dakwah adalah jalan yang sangat mulia dan satu upaya untuk menjadikan diri kita sebagai seorang mujahid Islam. Insyaallah. 

Bagi yang tertantang untuk ikut aktif dijalan dakwah, apapun profesi anda, ayo, kita berjuang bersama. Boleh jadi kita berbeda dalam penafsiran satu dan dua ayat, tapi jangan lepaskan ukhuwah kita. Ketika satu sedang dalam masalah, mari yang lain ikut sama-sama membantu saling menguatkan.

Semoga status ini barokah dan menginspirasi kawan-kawan lainnya.
Bismillah.,

[Diangkat dari status FB saya, 20 Des 2013]

Tinggalkan komentar anda ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: