3 Kali Allah memanggil kita

Sahabat, ternyata Allah memanggil kita hanya 3x : 

1. Diwaktu Adzan, 
Itu adalah panggilan Allah yang pertama. Panggilan ini sangat jelas terdengar di telinga kita, sangat kuat terdengar. Ketika kita sholat, sesungguhnya kita menjawab panggilan Allah. Tetapi Allah masih fleksibel, Dia tidak ‘cepat marah’ akan sikap kita. Kadang kita terlambat, bahkan tidak sholat sama sekali karena malas. Allah tidak langsung marah seketika. Dia masih memberikan rahmat-Nya, masih memberikan kebahagiaan bagi umat-Nya, baik umat-Nya itu menjawab panggilan Azan-Nya atau tidak sama sekali.

2. Untuk berhaji, 
Panggilan ini bersifat halus. Allah memanggil hamba-hambaNya dengan panggilan yang halus dan sifatnya ‘bergiliran’. Hamba yang satu mendapatkan kesempatan yang berbeda dengan hamba yang lain. Jalan nya bermacam-macam. Yang tidak punya uang menjadi punya uang, yang tidak merencanakan, ternyata akan pergi, ada yang memang merencanakan dan terkabul. 

Ketika kita mengambil niat Haji / Umrah, berpakaian Ihram dan melafazkan ‘Labaik Allahuma Labaik/ Umrotan’, sesungguhnya kita saat itu menjawab panggilan Allah yang ke dua. Saat itu kita merasa bahagia, karena panggilan Allah sudah kita jawab, meskipun panggilan itu halus sekali.


3. Kematian !
Inilah panggilan yang tidak bisa kita tolak dengan alasan malas, sibuk, nanti, sebentar lagi ataupun besok saja. Pada panggilan ketiga ini, Allah memaksa kita untuk datang dan memenuhi undangan-Nya. Panggilan inilah yang tidak lagi bisa kita jawab dengan lisan atau gerakan. Hanya amal jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh, 3 ini saja kelak yang akan ikut mendampingi kita datang menghadap Allah pada panggilan ke-3.

Mari kita sama merenungkan kembali semua yang sudah kita lakukan sepanjang hidup ini. Jika mata kita masih mampu membaca tulisan ini secara jelas, yuk, sama kita beristighfar memohon ampunan Allah atas dosa dan salah kita selama ini. Mari kembali kepada Allah, siapa tahu, justru panggilan yang ke-3 malam ini datang menghampiri.

Status FB saya, 19 Nov 2013

Advertisements

Tinggalkan komentar anda ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: