‘Iedul Ghadir, sebuah hari raya?

Ada yang bertanya pada saya sekaitan “Hari raya” iedul ghadir. Saya jawab, itu adalah tradisi umat Islam bermadzhab syi’ah. Apakah salah? Jawabnya sederhana, apa tradisi ini pernah disunnahkan oleh Rasul sebagai hari raya? Atau, sekurang-kurangnya apakah hal itu pernah di lakukan oleh imam Ali sendiri diwaktu beliau menjabat Amirul mukminin? Jika jawabnya tidak, maka, itu cuma sebuah perhelatan kultural madzhab biasa saja, bukan hari raya. Sebab suatu ibadah, harus punya landasan hukum yang jelas dan minimal pernah dilakukan oleh Rasul. Lalu, Sesatkah? Jika didalam acara tersebut ada kegiatan yang memuja makhluk secara berlebihan, mengkultuskan sesuatu terhadap Allah, menobatkan seseorang menjadi Nabi/Rasul sesudah Muhammad SAW, membuat ritual ibadah baru yg tak pernah dibuat dan dicontohkan Rasulullah, ya jelas itu menyimpang.

Nah, apakah aktivitas yg ada dalam penyelenggaraan iedul ghadir baru2 ini ada hal2 demikian? Wallahu a’lam. Saya tidak tahu, karena saya tidak hadir disana. Silahkan saja di kroscek sama orang-orang yang melakukan peliputan maupun mereka yang menghadirinya,

ilustrasi

Meskipun saya tidak mengkafirkan semua penganut madzhab Syi’ah secara keseluruhan, tapi sebagai salah satu dzurriyat Rasulullah, saya juga tidak mendukung hal2 yg diada2kan dengan mengatasnamakan Rasul serta Ahli Baitnya. Saya juga sedang mempersiapkan sebuah naskah buku tentang kritik beberapa pemahaman fundamental madzhab tersebut, ditinjau dari nash al-Qur’an, sunnah dan akal sehat/rasionalitas. Naskah yang insyaAllah saya tulis tidak atas dasar sentimen, subjektif golongan tapi bisa di validasi oleh semua pihak.

Status FB saya, 03 November 2013

Tambahan

https://arsiparmansyah.wordpress.com/2012/08/30/apakah-saya-seorang-syiah/

Tinggalkan komentar anda ...

