Sst. Panggil saya Haji!

Oleh Armansyah

 

Cuma ingin bantu mengingatkan kawan2 yg baru pulang dari tanah suci. Haji itu adalah ibadah, bukan prestasi akademik. Haji sama halnya dengan syahadat, puasa, sedekah dan zakat. Tidak harus perlu menambah gelar “H” mentang2 sdh haji. Takutnya jadi riak dan pahala hajinya malah sia-sia. Toh tdk pernah kita dengar khan nama, H. Muhammad SAW, H. Abu Bakar ash-Shiddiq, H. Umar ibn Khattab atau Hj. Fatimah az-Zahrah?

Haji itu salah satu media hijrah, dalam pengertian berpindah kedalam keadaan iman yang lebih baik. Jika ia berhaji agar orang didunia ini memanggilnya pak Haji atau bu Hajjah, maka sesungguhnya ia hijrah untuk dunianya. Tapi jika ia berhaji karena ibadah pada Allah, insyaAllah mabrur menjadi predikatnya dan syurga adalah balasannya.

Shahih Bukhari 3609: Telah menceritakan kepada kami Musaddad telah menceritakan kepada kami Hammad, putra dari Zaid, dari Yahya dari Muhammad bin Ibrahim dari ‘Alqamah bin Waqash berkata, aku mendengar ‘Umar radliallahu ‘anhu berkata, aku mendengar Rasululah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:; “Setiap amal tergantung dengan niat. Maka siapa yang hijrahnya untuk dunia uang ingin didapatkannya atau untuk seorang wanita yang akan dinikahinya maka hijrahnya kepada apa yang dia niatkan, dan barangsiapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya”.

Sunan Ibnu Majah 4217: Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami Yazid bin Harun. Dan diriwayatkan dari jalur lain, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Rumh telah memberitakan kepada kami Al Laits bin Sa’d keduanya berkata; telah memberitakan kepada kami Yahya bin Sa’id bahwa Muhammad bin Ibrahim At Taimi telah mengabarkan bahwa dia pernah mendengar ‘Alqamah bin Waqash bahwa dia mendengar Umar bin Khatthab sedang berkhotbah di hadapan manusia, katanya;; “saya pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya setiap amalan sesuai dengan niat, dan balasan bagi seseorang itu sesuai dengan apa yang di niatkannya. Maka barangsiapa hijrahnya untuk Allah dan Rasul-Nya maka pahala hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, dan barangsiapa hijrahnya untuk dunia atau wanita yang akan di nikahinya, maka balasan hijrahnya sesuai dengan tujuan hijrahnya tersebut.”

Kompilasi status FB saya, pagi 21 Oktober 2013

 

Tinggalkan komentar anda ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: