Apakah wanita berasal dari tulang rusuk?

Oleh : Armansyah

 

Sering kita mendengar atau juga membaca kalimat : “wanita itu adalah tulang rusuk laki-laki”. Sebagian besar kita mengamini kalimat ini dengan tidak melihat lagi sumber asli tempat dimana kalimat ini berasal.

Sesungguhnya, kalimat tersebut bersumber dari hadis Nabi SAW. Seperti contoh berikut ini:

Shahih Muslim 2671: Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami Husain bin Ali dari Za`idah dari Maisarah dari Abu Hazim dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda: “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, kemudian dia menyaksikan suatu peristiwa, hendaklah dia berbicara dengan baik atau diam, dan berwasiatlah kepada wanita dengan kebaikan, karena sesungguhnya dia diciptakan dari tulang rusuk, dan bagian yang paling bengkok adalah tulang rusuk yang paling atas, jika kamu berusaha untuk meluruskannya, niscaya akan patah, jika kamu membiarkannya, dia akan senantiasa bengkok, maka berwasiatlah terhadap wanita dengan kebaikan.” 

Shahih Bukhari 4787: Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Nashr Telah menceritakan kepada kami Husain Al Ju’fi dari Za`idah dari Maisarah dari Abu Hazim dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda: “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan juga kepada hari akhir, maka janganlah ia menyakiti tetangganya. Pergaulilah wanita kaum wanita dengan baik, sesungguhnya mereka diciptakan dari tulang rusuk. Dan sesuatu yang paling bengkok yang terdapat tulang rusuk adalah bagian paling atas. Jika kamu meluruskannya dengan seketika, niscaya kamu akan mematahkannya, namun jika kamu membiarkannya maka ia pun akan selalu dalam keadaan bengkok. Karena itu pergaulilah wanita dengan penuh kebijakan.”

Sekarang pertanyaannya, apakah hadis diatas bisa langsung dijustifikasi bahwa wanita itu memang diciptakan dari rusuk laki-laki? Banyak sanggahan muncul dari kaum orientalis dan juga pelajar non-muslim menyangkut pernyataan tersebut.

Sebenarnya bila kita ingin melihat lebih jauh pada kitab-kitab hadisnya, maka insyaAllah didapati keterangan lebih lengkap tentang hadis tersebut dan mendatangkan penjelasan apa dan bagaimananya.

Mari saya mengajak sama-sama melihat hadis-hadis dengan redaksi berbeda.

Shahih Bukhari 4786: Telah menceritakan kepada kami Abdul Aziz bin Abdullah ia berkata; Telah menceritakan kepadaku Malik bin Anas dari Abu Zinad dari Al A’raj dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Wanita itu bagaikan tulang rusuk, bila kamu memaksa untuk meluruskannya, niscaya kamu akan mematahkannya, dan jika kamu bermesraan dan menurutinya, maka kamu dapat bermesraan namun padanya terdapat kebengkokan.”

Sunan Tirmidzi 1109: Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Abu Ziyad telah menceritakan kepada kami Ya’qub bin Ibrahim bin Sa’d telah menceritakan kepada kami sepupuku Ibnu Syihab dari pamannya dari Sa’id bin Al Musayyab dari Abu Hurairah ia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya wanita itu seperti tulang rusuk; Jika kamu ingin meluruskannya maka kamu akan mematahkannya dan jika kamu membiarkannya maka kamu bisa bersenang-senang dengannya, namun ia masih dalam keadaan bengkok.” Ia mengatakan; Masih dalam bab yang sama diriwayatkan dari Abu Dzarr, Samurah dan A`isyah. Abu Isa berkata; Hadits Abu Hurairah adalah hadits hasan shahih gharib dari jalur ini namun sanadnya bagus. Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Abu Ziyad telah menceritakan kepada kami Ya’qub bin Ibrahim bin Sa’d telah menceritakan kepada kami keponakanku Ibnu Syihab dari pamannya dari Sa’id bin Al Musayyab dari Abu Hurairah ia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya wanita itu seperti tulang rusuk; Jika kamu ingin meluruskannya maka kamu akan mematahkannya dan jika kamu membiarkannya maka kamu bisa bersenang-senang dengannya, namun ia masih dalam keadaan bengkok.” Ia mengatakan; Masih dalam bab yang sama diriwayatkan dari Abu Dzarr, Samurah dan A`isyah. Abu Isa berkata; Hadits Abu Hurairah adalah hadits hasan shahih gharib dari jalur ini namun sanadnya bagus.

Musnad Ahmad 10436: Telah menceritakan kepada kami Ali bin Hafsh berkata; telah menceritakan kepada kami Warqo` dari Abu Az Zinad dari Al A’raj dari  Abu Hurairah berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Seorang wanita tidak akan dapat berlaku lurus kepadamu dalam satu sifat, hanyasanya ia adalah seperti tulang rusuk, jika engkau luruskan maka akan patah, namun jika engkau biarkan ia akan berlaku seperti itu terus, padahal padanya terkandung unsur bengkok.

Musnad Ahmad 25180: Telah menceritakan kepada kami Amir bin Shalih berkata; Telah menceritakan kepadaku Hisyam bin Urwah dari Ayahnya dari Aisyah bahwasanya Rasulullah shallaallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Wanita itu seperti tulang rusuk, jika engkau luruskan maka engkau memecahkannya, ia dinikmati karena bengkoknya.”

Musnad Ahmad 9159: Telah menceritakan kepada kami Yahya dari Ibnu ‘Ajlan aku mendengar bapakku menceritakan dari Abu Hurairah berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Seorang wanita itu seperti tulang rusuk, jika engkau luruskan maka akan patah, dan jika engkau biarkan ia akan berlaku seperti itu terus, padahal pada dirinya terdapat ungsur yang bengkok.”

 

Dengan demikian, maka maksud dari hadis-hadis yang menyebutkan kaum wanita itu berasal dari rusuk laki-laki, merupakan tamsil atau perumpamaan saja. Bila kemudian seakan didapati pertentangan antar hadis, pada hakekatnya kita bisa melihatnya dari sudut periwayatannya. Terkadang satu orang perawi terlupa maupun kurang mendengarnya secara jelas pada waktu hadis itu diucapkan sehingga periwayatannya juga menjadi kurang lengkap. Tapi kekurangan itu bisa ditutupi dengan hadis lainnya sehingga membuatnya menjadi jelas.

Semoga tulisan ini bisa memberi kontribusi bagi semua kawan-kawan muslim lainnya.,

Armansyah,

Palembang Oktober 2013

One Response

  1. hhhumm..
    kapan tuhan ngambil tulang rusuknya pak?😕
    saat masih dikandungan kah?

Tinggalkan komentar anda ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: