Bolehkah kita meminta panjang umur?

Oleh : Armansyah

Ada sebuah pertanyaan kepada saya berkaitan dengan doa meminta panjang umur, bolehkah kita sebagai umat Islam memintanya? mengingat kata beliau, bahwa doa panjang umur justru merupakan doanya Iblis.

Jawaban saya, ada dua riwayat yang shahih dari Rasulullah.

Sunan Tirmidzi 2251: Telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib telah menceritakan kepada kami Zaid bin Hubab dari Mu’awiyah bin Shalih dari ‘Amru bin Qais dari ‘Abdullah bin Busr, seorang badui bertanya: Wahai Rasulullah, siapa orang terbaik itu? Rasulullah Shallallahu ‘alahi wa Salam menjawab: “Orang yang panjang umurnya dan baik amalnya.” Dalam hal ini ada hadits serupa dari Abu Hurairah dan Jabir. Al-Bani menyebutkan hadis ini shahih.

Shahih Bukhari 3643: Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Qaza’ah telah menceritakan kepada kami Ibrahim dari Az Zuhri dari ‘Amir bin Sa’ad bin Malik dari bapaknya berkata; “Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menjengukku pada waktu hajji wada’ ketika aku sakit yang tidak menyebabkan kematian. Aku berkata; “Wahai Rasulullah, aku rasakan sakitku semakin parah. Begaimana pendapat anda, aku memiliki banyak harta namun aku tidak memiliki orang yang akan mewarisinya kecuali satu anak perempuanku. Apakah aku boleh mensedekahkan dua pertiga hartaku?”. Beliau menjawab: “Tidak”. Dia berkata; “Apakah boleh aku bersedekah seperduanya?”.

Beliau menjawab: “Sepertiga, wahai Sa’ad. Dan sepertiga itu sudah banyak. Sesungguhnya bila kamu meninggalkan keturunanmu dalam keadaan berkecukupan itu lebih baik daripada kamu meninggalkan mereka dalam keadaan miskin, lalu mereka mengemis meminta-minta kepada manusia. Dan tidaklah kamu menafkahkan suatu nafaqah (harta) semata-mata mencari wajah (ridla) Allah melainkan Allah pasti akan memberimu balasannya, sekalipun satu suap makanan yang kamu berikan pada mulut istrimu.” Aku bertanya; “Wahai Rasulullah, apakah aku diberi umur panjang setelah shahabat-shahabatku?. Beliau bersabda: “Tidaklah sekali-kali engkau diberi umur panjang lalu kamu beramal shalih melainkan akan bertambah derajat dan kemuliaanmu. Dan semoga kamu diberi umur panjang sehingga orang-orang dapat mengambil manfaat dari dirimu dan juga mungkin dapat mendatangkan madlorot bagi kaum yang lain. Ya Allah sempurnakanlah pahala hijrah shahabat-shahabatku dan janganlah Engkau kembalikan mereka ke belakang.”

Dari dua riwayat diatas ini, maka memintakan umur yang panjang didalam berkah Allah agar kita bisa beramal shalih dan meninggikan derajat serta manfaat diri kita pada orang lain adalah sesuatu yang diperbolehkan dalam agama Islam.

Tinggalkan komentar anda ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: