Musik latar Sandiwara Radio Saur Sepuh

Oleh : Armansyah

Sahabat 80-an….

Catatan saya kali ini tidak berkaitan dengan diskusi keagamaan apapun, tetapi saya ingin sedikit berbagi kenangan masa lalu. Masa dimana radio masih menjadi sebuah device yang sangat dimanja dan diperhatikan. Jaman sinetron dipertelevisian yang serba vulgar, pamer kekayaan dan hal-hal materialistis plus pornografi bahkan belum lahir seperti saat ini. Itulah jaman jaya-jayanya Sandiwara Radio.

Ya, tahun 80-an adalah era emas dari eksistensi sandiwara radio. Kita betah berlama-lama duduk manis didepan radio yang waktu itu semua frekwensinya masih ada dititik AM hanya untuk mendengarkan cerita-cerita silat dan drama tertentu. Sebut saja misalnya sandiwara radio berjudul : Saur Sepuh, Tutur Tinular, Babad Tanah Leluhur, Gandrung Arum, Bende Mataram, Mahkota Mayangkara, Sabda Pandita Ratu, Misteri dari Gunung Merapi, Butir-butir pasir dilaut, Ibuku Sayang Ibuku Malang dan sebagainya.

Salah satu contoh poster promo Sandiwara Radio Saur Sepuh diera 80-an

Salah satu contoh poster promo Sandiwara Radio Saur Sepuh diera 80-an

Nama-nama Ferry Fadly, Ellie Ermawaty, Bahar Mario, Ivanno Rose, Ape Burhan, Iwan Sanjaya, Novia Kolopaking, Asdi Suhastra, Edi Dhosa, Niki Kosasih, Astriati dan Petrus Urspon adalah beberapa nama yang sangat akrab ditelinga anak-anak pencinta sandiwara radio era 80-an. Mereka berperan sebagai Brama Kumbara, Mantili, Patih Gotawa, Sembara, Bongkeng, Raden Samba, Farida, Mak Lampir, Garnis, Kelabang Hitam dan lain sebagainya.

Cerita-ceritanyapun sudah beberapa kali divisualisasikan dalam bentuk film layar lebar dan juga sinetron. Bahkan Sandiwara Radio Saur Sepuh dan Tutur Tinular sedikitnya sudah 3 kali tayang ulang dalam format sinetron dengan cerita dan para pemain berbeda. Ini menandakan bahwa masa lalu tetap membayang dan hidup dimasa kini.😀

Bagi teman-teman era 80-an yang ingin sedikit bernostalgia dengan sandiwara radio Saur Sepuh, berikut saya kasih sejumlah link musik-musik pengiring yang menjadi latar belakang cerita-ceritanya. Silahkan dinikmati:

Musik intro / opening :
Judul : In the Laps of The Gods 
Artis : The Alan Parsons Project 
Link 1 (Original Version) : http://www.youtube.com/watch?v=YJHo6u3J6hc
Link 2 (versi konser) : http://www.youtube.com/watch?v=cUuDzMOBLkk

Theme song
Judul : Sarabande
Artis : Jon Lord
Link : http://www.youtube.com/watch?v=UvNv3Lrrkl4

Dari film Ben Hur

The Mother’s Lovehttp://www.youtube.com/watch?v=wWf3u4PDtLo&feature=relmfu 

Memorieshttp://www.youtube.com/watch?v=TDnH4QiZBqc&feature=relmfu

Love Themehttp://www.youtube.com/watch?v=ks3Oh7bX5s8&feature=relmfu

Dari film The Killing Fields :

Evacuation : http://www.youtube.com/watch?v=xLfyRQfHAio&feature=related

Etudehttp://www.youtube.com/watch?v=ulGwBIRYGIE

Good Newshttp://www.youtube.com/watch?v=tC1f7ulhd7o

Requiem for a Cityhttp://www.youtube.com/watch?v=2qkuMYRkN70&feature=related

Pran’s Themehttp://www.youtube.com/watch?v=r68lkEILxTE&feature=relmfu

Pran’s Departurehttp://www.youtube.com/watch?v=DN4sKPUZhRE&feature=related

Bad Newshttp://www.youtube.com/watch?v=sNudzBRb7Fs

The Trex : http://www.youtube.com/watch?v=zl1A4hIxSxI&feature=relmfu

Dari film Tangerin Dream :
The Runhttp://www.youtube.com/watch?v=VUhUBW04PPQ&feature=related

Betrayalhttp://www.youtube.com/watch?v=XOkfBbVZEGo

The Boy’s Burial, Pran Sees The Red Crosshttp://www.youtube.com/watch?v=0vATuJR25cc&feature=relmfu

Dari film The Last Emperor :
Where is Armohttp://www.youtube.com/watch?v=soYYnkw1uUU&feature=relmfu

Rainhttp://www.youtube.com/watch?v=n_NRcS0wdlw

Dari Kitaro :
Wingshttp://www.youtube.com/watch?v=MsH2690k0u4

Sundancehttp://www.youtube.com/watch?v=3qg8vjSYess

Fatamorganahttp://www.youtube.com/watch?v=xeeuW5ZzkRI

Matsurihttp://www.youtube.com/watch?v=GGtKxbu7vLI

Sunsethttp://www.youtube.com/watch?v=2iM_sSo8TdU

Procession to Ban Sung’s Camp : http://www.david-mansfield.com/download/Procession.mp3.zip
Mujahidin & Opium : http://media.007unleashed.com/TLD-10-Mujahadin-And-Opium.mp3

Bouree : http://official.fm/tracks/6QOW

Contoh lain dari poster promosi sandiwara radio Saur Sepuh dimasa lalu

Contoh lain dari poster promosi sandiwara radio Saur Sepuh dimasa lalu

Masih ada beberapa lagi lainnya seperti musik-musik dari Kitaro lainnya dan beberapa OST film tertentu yang juga menjadi musik latar Saur Sepuh, namun karena keterbatasan waktu maka sementara ini cukup sampai disini dulu saya tuliskan.

Beberapa contoh musik-musik yang digunakan sebagai latar dari sandiwara radio Saur Sepuh era 80-an

Beberapa contoh musik-musik yang digunakan sebagai latar dari sandiwara radio Saur Sepuh era 80-an

Bagi sahabat 80-an yang ingin bergabung dikomunitas Sandiwara Radio, silahkan klik link berikut :

Saur Sepuh Karya Niki Kosasih: https://www.facebook.com/groups/355659604498344/

Pencinta Sandiwara Radio: https://www.facebook.com/groups/260268474070442/

Saur Sepuh: https://www.facebook.com/groups/53076405988/

Sandiwara Radio Community: https://www.facebook.com/groups/264508685375/

Siapa tahu dari link-link diatas, anda beruntung mendapatkan rekaman lawas dari sejumlah sandiwara radio yang ada dalam format MP3 😀

Jalan cerita Saur Sepuh sendiri aslinya bisa anda baca di : 

https://arsiparmansyah.wordpress.com/2013/02/07/kisah-asli-brama-kumbara-catatan-seorang-pendengar-saur-sepuh-tahun-80-an/

22 Responses

  1. Saur sepuh dan Babad Tanah leluhur selalu membuat kerinduan bgt nyata buat mendengarkan kembali Sandiwara Radio…Salam Sejahtera selalu Pak Arman.

  2. Assalamu’alaikum wr wb….salam kenal ikhwan Arman, ane salut ame ente, masih punya cerita asli Saur Sepuh yang mengingatkan kita di masa lalu (ane klas 1 SMP wkt itu)…lengkap dengan musik latar belakangnya…justru salah satu kekuatan Saur Sepuh adalah hiasan musiknya selain alur cerita yang memang menarik karena mengandung makna, tidak seperti cerita saat ini yang seperti ente bilang pamer kekayaan dsb.
    Salam sahabat 80-an
    Wass wr wb.

  3. Bang saya cuma punya mp3-nya Saur sepuh Kisah Darah Biru yang bagian 1 dan 2. Kalau punya yg bagian ketiga dan keempat boleh donk di share!

  4. Wah,.. ternyata masih banyak juga penggemar sandiwara radio saur sepuh,…makasih mas telah ngasih link backsoundnya.. yang sudah lama dicari cari..

  5. ada yang punya teks aslinya saur sepuh ga sih …..aku ingin baca tuh….aku punya teks “Nogososro sabuk Inten …Tukeran yuuuu…!!!!

  6. yang tak kalah hebatnya dengan sipemilik naskah ini (kang Niki kosasih) juga adalah kang Indra mahendra yang pinter memberi efek/tekhnik dan ilustrasi musik, yang dapat membantu memperkuat imajinasi pendengar,sehingga meski hanya suara tetapi saya seperti melihat bagaimana serunya pertarungan brama dengan musuh-musuhnya, saya seperti melihat dengan seru bagaimana kedahsyatan ajian serat jiwa,begitu juga dengan bunyi menancap anggrek jingga senjata rahasia milik Lasmini tervisual dengan jelas diimajinasi. Tolong yang tau, saya pengen kenalan ama kang indra, Mahendra, salut untuk kang niki ama kang Indra

  7. anda benar benar hebat, sangat menghargai sejarah

  8. Asik sandiwara radio Sabda pandita ratu. Saya paling suka tokoh “Kameswara” adik kandung nya “Binaka suhasti ratu ayahnya parameswara

  9. Alhamdulillah aye masih bisa ngerasain masa masa laluku , kenangan yang tak pernah hilang ditelan masa .
    makasih …………..aye ucapin

  10. ya alloh gua paling suka , sandiwara radio 80 an, q pingen denger lagi,,,

  11. Wah jaman masih sekolah SD tahun 87-nan…..yang bikin sebel pas lagi seru-serunya dipotong iklan entrostop….
    Stop stop dengan entrostop……
    Musik ilustrasinya memang keren-keren dan bikin jalan cerita lebih hidup.
    Salam dari Karanganyar Jawa Tengah😀

  12. PERTAMA KALI MENDENGARKN SAUR SEPUH WAKTU MSH KELAS 1 SD..MASA KECILKU DI DESA BEJI KECAMATAN TAMAN PEMALANG…LALU SAYA PINDAH KE TEGAL…DI AKHIR TAHUN 1988..SAYA GAK DENGER LG SAUR SEPUH KARNA IKUT TRANSMIGRASI KE JAMBI…JADI SMPAI SAAT INI SAYA MSH PENASARAN EPISODE TERAKHIR SAUR SEPUH…ARYA SENO DI DESA PANCA MULYA SUNGAI BAHAR MUARO JAMBI.

  13. Halo, saya taufik dari penerbit audiobooks indonesia, sandiwara radio termasuk ke dalam kategori audiobook menurut APA dan audifile di amrik sana.. saya adalah salah satu yang berusaha membangkitkan sandiwara radio atau audiobook di indonesia. dan alhamdulillah sudah dua buku yang sudah saya rubah menjadi audiobook dan segera bisa didengarkan di salah satu radio di jabotabek..apabila ada yang dari pihak radio yang berminat untuk menayangkan audiobook kita atau perusahaan yang mau mensponsori, bisa hubungi ke hp saya 081931235896 (call only) atau email di taufik@audiobuku.com. semoga sandiwara radio bisa bangkit kembali dan menjadi populer..terima kasih

  14. Allah Kariim….masih bisa bernostalgia dg Saur Sepuh. Dulu belum brangkat ke sekolah (kls 1 SMP) kalo blm denger Sandiwara Radio Saur Sepuh. Msh ingat jg sponsornya : Procold.

  15. Tolong kirimi musik katar saursepuh asli. Biaya tlg hubungi 085856155421/081230129365. SAYA TUNGGU

  16. Kenagan waktu kecil memang membangkitkan kerinduan, tetep aja saur sepuh yang melekat dalam ingatan. Masih inget aku kelas 4 SD tiap pulang sekolah stanby di depan radio jam 12.30 tiap hari di MBS dulu masih AM. aaaah pengen denger lagi

  17. Halo,

    Kalau lagu pembuka Saur Sepuh The Legend itu lagu siapa dan apa judulnya ya?

    Salah satu liriknya:

    “seperti matahari yang bersinar pasti angin yang membawamu menembus langit biru”

    Terima kasih.

Tinggalkan komentar anda ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: