Fenomena Gunung ES

Fenomena Gunung ES

Oleh : Armansyah

ilustrasi

Inilah fenomena gunung es yang kemudian bisa diambil sebagai pelajaran bersama. Kita sering merasa diri kita serba tahu dan serba benar, padahal apa yang baru kita tahu dan apa yang kita selalu anggap benar, hanyalah sejengkal dari kenyataan yang sesungguhnya. 

Hidup ini luas dan agamapun tidaklah sesempit keterbatasan pikiran kita apalagi pikiran setiap orang juga berbeda kapasitasnya dalam hal optimasi sumber daya yang ada. Acapkali baru tahu satu dua ayat, baru mengikuti pengajian disebuah majelis, kita kemudian pongah dan laksana tahu semua ilmu dan semua literatur.

Sehingga ketika ada literatur lain diketengahkan, dan itu bertentangan dengan yang telah kadung diyakininya sebagai suatu kebenaran, padahal juga memiliki tingkat keshahihan dan argumentasi logis ilmiah yang sama, buru-buru divonis sebagai batil atau sekurang-kurangnya disebut dhaif. 

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu-ilmu baru yang lebih membuka cakrawala berpikir dan mengasah tingkat critical thinking kita atas semua dogma yang tersebar dimasyarakat. Ilmu yang tidak cuma sebatas argumen kosong tanpa nash dan fakta yang sulit dikaji, tetapi ilmu yang bisa dipertanggung jawabkan secara ilmiah, ilmu yang sumber-sumbernya bisa diuji dan dikaji oleh siapapun. InsyaAllah.

Tinggalkan komentar anda ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: