Milis_Iqra kini ada di Facebook

Milis_Iqra kini hadir di Facebook, bagi teman-teman yang berminat untuk bergabung dan berbagi ilmu dengan gaya perdiskusian yang santun dan khas Milis_Iqra@googlegroups.com, silahkan klik disini http://www.facebook.com/groups/217288061734395/ 

Seperti juga milis_iqra versi googlegroups, maka milis ini pun terbuka untuk diskusi lintas madzhab dan agama. Silahkan membaca peraturan dan tata tertib yang ada di http://www.facebook.com/groups/217288061734395/doc/217956095000925/

Milis_Iqra … dibuat sebagai wadah pembelajaran bagi mereka-mereka yang mau belajar tentang apa saja, mulai dari keagamaan sampai ilmu pengetahuan secara umum. Iqra artinya baca … dalam penafsiran lebih luas, membaca bukan hanya apa yang tertulis namun juga apa yang tidak tertulis, membaca tidak hanya apa yang ada dalam buku atau kitab namun juga membaca semua isi alam semesta ini.

Iqra adalah wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad Saw :

Bacalah dengan nama Tuhanmu Yang menciptakan, Dia ciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah karena Tuhanmu itu sangat mulia; Yang mengajar dengan Qalam. Dia mengajar manusia apa yang mereka tidak tahu – Qs. 96 al-alaq : 1 – 5

Membaca adalah awal dari berpikir. Awal dari mencari tahu dan melakukan penyelidikan, awal dari menganalisa serta awal dari suatu pemahaman ataupun kesimpulan.

Dari surah diatas kita bisa belajar banyak hal, bahwa Tuhan sendiri sejak awal tidak menyuruh manusia untuk mematikan rasio atau kemampuan intelegensianya, sebaliknya manusia disuruh untuk membaca kekuasaan Tuhannya, mewajibkan manusia menganalisa melalui ilmu kedokteran untuk mencari tahu bagaimana proses awal dari kelahiran manusia itu sendiri sehingga diharapkan manusia itu menjadi sadar betapa kompleks dan rapinya karya Tuhan dalam penciptaan, karena itu secara sadar dan logis kitapun diharapkan untuk memuliakan-Nya.

Menarik memang, bahwa ayat pertama yang turun justru memerintahkan kepada manusia agar berpikir dan berdzikir, bukan sebaliknya berdzikir baru berpikir.

Ini artinya Tuhan ingin kita ini cerdas dan berilmu, bukan menjadi sampah masyarakat, menjadi orang bodoh ataupun yang menurut istilah Aa Gym (K.H. Abdullah Gymnastiar) menjadi orang yang kehadirannya tidak membawa pengaruh bagi orang lain dan ketidak hadirannya justru disyukuri oleh lingkungannya.

Mempelajari ilmu apa saja pada dasarnya adalah kewajiban atas setiap muslim dan hal inipun berulang-ulang ditekankan oleh al-Quran dan Hadis. Dengan ilmu orang bisa selamat dalam beramal, dengan ilmu juga orang bisa mendapatkan kebahagiaan dan dengan ilmu juga seorang muslim tidak bisa dipermainkan, dibodohi ataupun direndahkan oleh orang lain.

Rasulullah Saw bersabda : Wahai Abu Dzar, hendaklah engkau pergi mempelajari satu ayat dari kitab Allah adalah lebih baik bagimu daripada engkau Sholat seratus rakaat; dan hendaklah engkau pergi mempelajari suatu bab ilmu yang dapat diamalkan ataupun belum dapat diamalkan maka adalah hal tersebut lebih baik untukmu daripada engkau Sholat seribu rakaat -Hadis Riwayat Ibnu Majah

Akhirnya saya mengajak para sahabat semua yang berkeinginan untuk belajar, berbagi ilmu dan sharing pengalamannya silahkan bergabung ke Milis_Iqra

InsyaAllah saya jamin milis itu tidak hanya akan berisi hal-hal yang sifatnya hanya sependapat dengan saya semata sebab itu akan menjadi subyektif dan bertentangan dengan semangat Iqra itu sendiri, semua orang bebas menyampaikan aspirasi, pendapat, pertanyaan atau ilmunya.

Dasar saya jelas :

Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dia-lah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dia-lah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk. -Qs. 16 an-Nahl :125

Silahkan sebarkan dan invite teman-teman lainnya, baik yang tadinya member milis_iqra@googlegroups.com atau member baru.

InsyaAllah bisa kembali menjadi media ilmu yang obyektif dalam belajar tentang banyak hal sebagaimana hal ini sudah dirintis sejak milis_iqra masih berinduk di googlegroups sejak 2006 lalu. Milis_Iqra tetap akan menjaga kesantunan dan keterbukaannya dalam berdiskusi.

Semua paham, keyakinan, madzhab, agama akan diayomi, semua diskusi akan dihargai selama mengindahkan tata tertib yang sudah diatur. Milis_Iqra menerima membernya dari semua kelompok dan agama. So, mari bergabung di http://www.facebook.com/groups/217288061734395/

 

PERATURAN MILIS_IQRA on FACEBOOK

 

BAB I NAMA DAN SIFAT

Pasal 1

 

1. Forum Diskusi maya ini bernama Milis_Iqra.

 

2. Motto yang diusung Milis_Iqra adalah surah al-Qur’an ke-16 an-Nahl ayat 125 yang berbunyi :

 

Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. (QS. An-Nahl [16] :125)

 

Pasal 2

Milis_Iqra bersifat kekeluargaan dan kemandirian dengan ciri utama komunikasi dalam rangka syiar Islam. Perangkat utama komunikasi organisasi ini adalah media komputer (melalui fasilitas jejaring sosial: Facebook dengan alamat http://www.facebook.com/groups/217288061734395 ).

 

Pasal 3

Milis_Iqra bersifat transnasional yang anggotanya merupakan anggota-anggota perorangan, komite, kelompok atau organisasi dari seluruh dunia.

 

BAB II KEDUDUKAN DAN KEKUASAAN TERTINGGI SERTA WEWENANG

 

Pasal 4

Kekuasaan tertinggi Milis_Iqra berada pada Admin yang telah ditunjuk

 

Pasal 5

1. Milis_Iqra versi Facebook ini merupakan adaptasi dari Milis_Iqra@googlegroups.com yang dibentuk oleh Sdr. Armansyah pada tanggal 23 Mei 2006 lalu di https://groups.google.com/d/forum/milis_iqra

 

2. Milis_Iqra versi Facebook ini dibuat oleh Sdr. Armansyah sendiri dengan pertimbangan akses kesini sudah sangat mudah dilakukan dari gadget, smartphone sampai ponsel klasik sekalipun yang mendukung browsing ke sosial network. Hal ini untuk memudahkan saya sebagai moderator/Admin maupun teman-teman lain sebagai member milis dalam hal melakukan moderasi dan tanya jawab. Apalagi dihari ini rasanya hampir semua dari kita pasti memiliki akun di Fesbuk.

 

 

 

Pasal 6

Admin berhak ikut campur dalam hal menutup atau menghapus sebuah sebuah topik perdiskusian tertentu yang suhunya semakin memuncak dan atau berkembang kearah yang dikhawatirkan bisa menimbulkan hujatan, celaan atau ekses-ekses negatip lainnya dari peserta diskusi dan atau menimbulkan keonaran yang berujung pada debat kusir.

 

Pasal 7

Admin berhak untuk memberikan teguran secara terbuka ataupun tertutup, selaku peringatan atau sanksi terhadap anggota grup yang melanggar peraturan ini atas pelanggarannya itu selama 3 kali berturut-turut ( maksimal ).

 

Pasal 8

1. Bila pasal 7 sudah dilakukan tetapi tetap tidak di-indahkan, maka Admin berhak untuk mengeluarkan yang bersangkutan dari Milis_Iqra dan diumumkan kepada semuanya juga melalui Milis_Iqra agar dapat dijadikan pembelajaran kedepannya bagi yang lain

 

2. Keputusan Admin menyangkut ini tidak dapat diganggu gugat

 

BAB III TUJUAN DAN KEGIATAN

 

Pasal 9

Milis_Iqra bertujuan mensyiarkan Islam dengan cara menumbuhkan, memelihara, dan membina iklim berkomunikasi antar perorangan, kelompok, dan/atau organisasi dalam rangka mengkaji maupun menerapkan ajaran Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam.

 

Pasal 10

Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukanlah kegiatan-kegiatan yang secara garis besar sebagai berikut:

 

1. Menyediakan sarana komunikasi untuk setiap perorangan, kelompok maupun organisasi yang berminat dalam masalah ke-Islaman berbentuk forum diskusi milis

2. Mengkaji ajaran Islam dalam segala aspeknya secara ilmiah dan terinci

3. Membina pribadi muslim untuk menjadi orang-orang yang berwawasan cerdas, luas dan bijak4. Membuka diri terhadap kerjasama antar milis, kelompok maupun organisasi Islam yang ada selama tidak bertentangan dengan nilai-nilai al-Qur’an dan as-Sunnah baik dalam lingkup nasional, regional, dan Internasional.

 

BAB IV KEANGGOTAAN DAN HUBUNGAN-HUBUNGAN ORGANISASI

Pasal 11

1. Keanggotaan Milis_Iqra terbuka bagi setiap pribadi muslim, kelompok pengajian, kelompok kerja muslim, maupun organisasi Islam, lintas madzhab/sekte.

 

2. Keanggotaan Milis_Iqra terbuka juga bagi setiap pribadi non-muslim yang mau berdiskusi dan belajar mengenai hal-hal yang ada didalam Islam.

 

3. Milis_Iqra, baik dalam format Facebook atau juga Googlegroups tidak berafiliasi dengan partai politik tertentu manapun yang aktif maupun sudah tidak aktif lagi di negara kesatuan Republik Indonesia.

 

4. Milis_Iqra, baik dalam format Facebook atau juga Googlegroups juga tidak terikat dengan madzhab maupun ormas keagamaan atau ormas-ormas lainnya yang ada secara khusus dan tertentu

 

Pasal 12

Milis_Iqra mengakui kemajemukan pemahaman maupun aliran yang ada didalam tubuh internal umat Islam, seperti Ahlussunnah Wal Jama’ah, Syi’ah, Ahmadiyah, Ingkarsunnah, Muktazilah dan sebagainya yang mengaku berpedomankan pada al-Qur’an sebagai kitab sucinya, as-Sunnah Nabawiyah sebagai tradisi dan petunjuk Rasulullah

 

Pasal 13

Milis_Iqra berupaya mengayomi, menghargai dan mengakomodir semua pemahaman maupun aliran sebagaimana tercantum dalam pasal ke-11 sebelumnya dalam aktivitas postingnya di Milis_Iqra selama masih dalam batasan-batasan ketauhidan yang bisa ditolerir oleh al-Qur’an.

 

Pasal 14

Milis_Iqra mengakui adanya keberagaman agama yang ada diseluruh dunia, baik yang termasuk dalam kategori agama dengan pemahaman Tauhid, Trinitas, Trimurti, Budha dan sebagainya

 

BAB V HAK DAN KEWAJIBAN ANGGOTA

Pasal 15

Setiap anggota Milis_Iqra secara perorangan berhak untuk mengajukan usul dan pendapat serta mengirimkan posting yang berisikan materi-materi ke-Islaman langsung melalui Milis.

 

Pasal 16

Semua anggota Milis_Iqra boleh mengirimkan artikel berupa promosi, tulisan pribadi, hasil forward pihak ke-3 kedalam Milis_Iqra selama memang itu dianggap perlu untuk dijadikan pengetahuan atau bahan pembelajaran bersama.

 

Pasal 17

Setiap forward dari pihak ke-3 yang dilakukan oleh anggota Milis_Iqra harus memiliki rujukan atau menjelaskan darimana dan kapan dia mendapatkan posting tersebut atau keterangan lain yang menjadi identitasnya

 

Pasal 18

Member Milis_Iqra dilarang keras mengirimkan posting berkonten pornografi, pelanggaran pasal ini bisa berakibat member ybs akan dikeluarkan dari milis

 

Pasal 19

Milis_Iqra boleh dijadikan sebagai ajang perdiskusian lintas madzhab dan lintas pemikiran didalam Islam selama tetap menjunjung tinggi nilai-nilai persaudaraan Islamiah yang universal dan dilakukan dengan cara yang santun sebagaimana motto dari Milis_Iqra sendiri pada pasal 1 ayat 2

 

Pasal 20

Milis_Iqra membuka diri atas diskusi lintas agama atau lintas iman selama tetap dilakukan dengan cara yang santun dan tidak mengarah pada debat kusir tidak berkesudahan

 

Pasal 21

Anggota Milis_Iqra dari berbagai pemahaman, madzhab dan agama tidak diperkenankan mencaci-maki atau menggunakan kata-kata yang keji dan kotor sebagaimana dikenal dan beredar dimasyarakat Indonesia khususnya guna menyerang pemahaman atau keyakinan orang lain, baik sesama Muslim ataupun diluarnya.

 

Pasal 22

Setiap anggota Milis_Iqra boleh mengirimkan photo ataupun image yang sekiranya bisa bermanfaat untuk pembelajaran maupun sekedar untuk memberikan hiburan dengan tetap mengacu kepada isi dari pasal 18 dan 21.

 

Pasal 23

Setiap anggota Milis_Iqra berkewajiban mendukung dan membantu setiap kegiatan dan usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan Milis_Iqra.

 

BAB VIII PENDIRIAN DAN PEMBUBARAN

Pasal 24

1. Milis_Iqra pada awalnya dibangun pada tanggal 23 Mei 2006 oleh Sdr. Armansyah ( armansyah.skom@gmail.com ) dengan menggunakan Domain Googlegroups dan email milis Milis_Iqra@googlegroups.com untuk jangka waktu yang tidak terbatas.

 

2. Milis_Iqra dalam versi Facebook dibangun pada hari Sabtu tanggal 25 Agustus 2012 oleh Sdr. Armansyah (http://www.facebook.com/armansyah)

 

Pasal 25

1. Milis_Iqra hanya bisa dinon aktifkan oleh Sdr. Armansyah dan atau oleh suatu sebab secara teknis dan non teknis oleh pihak penyedia hosting ( Facebook.com ).

 

2. Pendiri Milis, Sdr. Armansyah, adalah penulis buku “Rekonstruksi Sejarah Isa al-Masih”, “Jejak Nabi Palsu”, “Ramalan Imam Mahdi”, “Misteri Kecerdasan Syahadat” dan “Israk Mikraj” berkedudukan dikota Palembang-Indonesia. Bisa dihubungi melalui alamat email : armansyah.skom@gmail.com atau jejaring sosialnya sebagaimana tercantum pada pasal 24 ayat 2 atau blognya di https://arsiparmansyah.wordpress.com

 

3. Segala sesuatu yang diatasnamakan kepada Sdr. Armansyah oleh pihak ketiga menyangkut hal-hal yang negatip baik tentang pribadi atau eksistensi Milis_Iqra@googlegroups.com dan http://www.facebook.com/groups/217288061734395 agar bisa dikonfirmasi langsung dengan yang bersangkutan untuk menghindari fitnah.

 

BAB IX PENUTUP

 

Pasal 26

Tidak ada yang sempurna, karenanya peraturan dan ketentuan Milis_Iqra akan terus mengalami perkembangan guna mengaktualisasikan dan mencapai tujuan utama pendiriannya.

 

Dasar-dasar pijakan peraturan :

 

1. Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar; mereka adalah orang-orang yang beruntung. -Qs. ali Imran 3:104

 

2. Tidak sepatutnya bagi orang-orang yang mu’min itu pergi semuanya (ke medan perang/kedalam kesibukannya masing-masing). Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya. -Qs. 9 at-Taubah :122

 

3. Dan janganlah kamu memaki sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah, karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa pengetahuan. Demikianlah Kami jadikan setiap umat menganggap baik pekerjaan mereka. Kemudian kepada Tuhan merekalah kembali mereka, lalu Dia memberitakan kepada mereka apa yang dahulu mereka kerjakan. – Qs. 6 al-An’aam : 108

 

4. Apabila kamu dihormati dengan suatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan lebih baik, atau balaslah (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu. -Qs. an-Nisa’ 4:86

 

5. Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. -Qs. 16 an-Nahl :125

 

6. Manusia itu adalah ummat yang satu. (Setelah timbul perselisihan), maka Allah mengutus para nabi, sebagai pemberi kabar gembira dan pemberi peringatan, dan Allah menurunkan bersama mereka Kitab yang benar, untuk memberi keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan. Tidaklah berselisih tentang Kitab itu melainkan orang yang telah didatangkan kepada mereka Kitab, yaitu setelah datang kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, karena dengki antara mereka sendiri. Maka Allah memberi petunjuk orang-orang yang beriman kepada kebenaran tentang hal yang mereka perselisihkan itu dengan kehendak-Nya. Dan Allah selalu memberi petunjuk orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus. – Qs. 2 al-Baqarah: 213

 

7. “Sesungguhnya orang-orang Mukmin itu saling bersaudara.” -Qs. al-Hujurat 49:10

 

8. Jika mereka bertaubat, mendirikan sholat dan menuaikan zakat, maka (mereka itu) adalah saudara-saudaramu seagama. Dan Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi kaum yang mengetahui. -Qs. 9 at-Taubah :11

 

9. Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan taqwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertaqwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya. -Qs. al-Ma’idah 5:2

 

10. Kemudian mereka (pengikut-pengikut rasul itu) menjadikan agama mereka terpecah belah menjadi beberapa pecahan. Tiap-tiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada sisi mereka (masing-masing). -Qs. 23 al-Mu’minun :53

 

11. Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan saja mengatakan, ‘Kami telah beriman’, sedang mereka tidak diuji lagi? -Qs. al-Ankabut : 2

 

Semoga Allah SWT meridhoi langkah dan upaya ini …. Amiin.

Tinggalkan komentar anda ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: