Jahar atau Sir dalam Sholat Dhuzur dan Ashar

Qiraah di dalam shalat itu ada tiga macam :
1) jahar, 2) Sir, 3) Isma.

[1] Jahar ialah membaca keras, seperti yang ada pada shalat fardlu, 2 Rakaat awal maghrib, 2 rakaat awal isya dan 2 rakaat shubuh.

[2] Sir ialah membaca tidak bersuara atau pelan (hanya terdengar ditelinga sendiri), seperti pada rakaat ketika shalat maghrib, 2 rakaat akhir shalat isya, dzuhur dan ashar.

[3] Adapun Isma adalah dengan sengaja memperdengarkan bacaan-bacaan yang asalnya sir yang tujuannya untuk mengajar ma’mum.

عَنْ أَبِي قَتَادَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقْرَأُ فِي الظُّهْرِ فِي الْأُولَيَيْنِ بِأُمِّ الْكِتَابِ وَسُورَتَيْنِ وَفِي الرَّكْعَتَيْنِ الْأُخْرَيَيْنِ بِأُمِّ الْكِتَابِ وَيُسْمِعُنَا الأَيَةَ أَحْيَانًا …

“Dari Abi Qotadah, sesungguhnya Nabi Saw., membaca pada shalat dzuhur pada dua rakaat awal masing-masing dengan ummul kitab dan surat, dan pada dua rakaat akhir dengan Fatihah. Dan kadang-kadang beliau memperdengarkan ayat kepada kami.” (HR.Muttafaq ‘alaih).

Kalimat “wayusmi’unal ayata ahyanan” (kadang-kadang memperdengarkan ayat kepada kami) menunjukkan bahwa bacaan tersebut termasuk klasifikasi sir.

Jadi, diperbolehkan untuk mengeraskan bacaan sesuai pendengaran telinga maupun membacanya didalam hati dalam sholat dzhuhur maupun ashar.

Dan bacalah al-Qur’an itu dengan perlahan-lahan. (QS. 73:4)

Advertisements

2 Responses

  1. bagaimanakah hukum’y jika tidak di jahar pada wkt maghrib, isya dan subuh bgtu jga sbalik’y… mohon penjelasan’y apakah sunah, wajib atau apa…

  2. adakah hukum (firman atau hadits) yang menjadi dasar sekaligus menerangkan Qiraah atau bacaan dalam shalat ini?

Comments are closed.

%d bloggers like this: