Silaturahmi dengan Ulil Abshar

———- Forwarded message ———-
From: Armansyah
Date: 2008/8/22
Subject: Re: [Milis_Iqra] Fwd: [Forum Pembaca KOMPAS] Menjadi Muslim dengan perspektif liberal
To: ulil99@yahoo.com
Cc: “Milis_Iqra@googlegroups.com” <milis_iqra@googlegroups.com>

Bung Ulil Abshar.

Terimakasih atas tanggapan anda kali ini, adalah satu kehormatan buat saya setelah lebih dari 6 artikel komunitas Islam Liberal saya jawab dan cc khan pada setiap penulisnya termasuk anda sendiri.

Bung Ulil, saya memahami bila anda jarang atau mungkin sama sekali justru belum pernah membaca tanggapan-tanggapan saya tersebut karena memang ada banyak hal yang mesti anda klarifikasi dari apa yang saya tanggapi disana. Seperti biasa juga, saya tidak akan memaksa seseorang untuk menjawab apa-apa yang saya jawab kembali.

Satu tahun terakhir ini saya agak absen dari kunjungan kesitus anda sehingga tidak banyak artikel yang bisa saya tanggapi seperti 2 tahun sebelumnya sehingga maaf saja kalau anda ada pernah menjawab melalui artikel lain atas apa yang saya tanyakan.

Jadi sejauh ini diantara kita bisa disebut seimbang.


Bung Ulil.

Saya pribadi meskipun bukan bagian dari komunitas Jaringan Islam Liberal, adalah orang yang berusaha menjunjung tinggi kebebasan berpendapat dan terobosan-terobosan baru dalam hal keagamaan. Secara umum,  kemerdekaan berarti bebas dari segala penindasan, sebaliknya bebas hidup, beragama, memiliki kekayaan, berpikir serta mengemukakan pandangan. Islam memperjuangkan kemerdekaan itu tetapi ia bukanlah kebebasan liar yang tanpa batas, sebaliknya Islam sarat dengan ikatan hukum dan etika mulia. Inilah makna kemerdekaan dalam Islam yang berbeda dari agama atau bentuk-bentuk isme lainnya. Semua orang yang memiliki kemampuan untuk berpikir sehat tentu akan mengerti bahwa hidup ini harus memiliki aturan main tertentu agar terjadi keseimbangan dan kemaslahatan dalam menjalaninya, baik itu menyangkut kehidupan antar bangsa sampai antar anak bangsa.

Tetapi masyarakat modern dewasa ini dengan alasan kebebasan hak asasi dan seni menolak adanya peraturan yang akan diberlakukan sebuah negara yang dasarnya untuk menjaga moralitas masyarakat dinegara itu sendiri.

Harapan saya semoga silaturahmi perdana ini bisa terus berlanjut dimasa yang akan datang, saya sangat tertarik untuk berdialog dengan anda berlandaskan pada Qawlan Sadidan (pembicaraan yang benar, jujur dan tidak berbelit-belit), Qawlan balighan (pembicaraan yang jelas), Qawlan maysuran (pembicaraan yang pantas), Qawlan layyinan (pembicaraan yang lemah lembut), Qawlan kariman (pembicaraan yang mulia, terhormat) dan Qawlan Ma’rufan (perkataan yang baik). InsyaAllah.

Anda boleh berkunjung keblog saya kapan saja untuk mengenal karakter saya lebih jauh, saya juga mengundang anda untuk bergabung di milis_iqra@googlegroups.com jika anda berkenan.

———- Forwarded message ———-
From: Ulil Abshar-Abdalla (email : ulil99@yahoo.com)
Date: 2008/8/22
Subject: Re: [Milis_Iqra] Fwd: [Forum Pembaca KOMPAS] Menjadi Muslim dengan perspektif liberal
To: Armansyah <armansyah.skom@gmail.com>

Bung Arman,
Terus terang, saya jarang membaca tanggapan anda atas pemikiran teman-teman JIL atau pemikiran saya sendiri. Pertama, terlalu banyak tanggapan yang masuk ke saya. Kala tanggapan yang masuk layak saya jawab, biasanya saya tanggapi. Kalau saya anggap tak butuh tanggapan, saya lewatkan saja.

Kedua, biasanya saya memberikan jawaban secara umum. Tulisan-tulisa saya secara tak langsung menjawab pertanyaan dan tanggapan yang diajukan kepada saya. Memang, saya tak menanggapi secara langsung dan spesifik.

Ketiga, saya tak berpretensi bisa menjawab semua hal. Kalau saya tak memberikan tanggapan balik, boleh jadi saya memang tak bisa memberikan jawaban.

Semoga keterangan ini menjawab pertanyaan anda.

Ulil


— On Fri, 8/22/08, Armansyah <armansyah.skom@gmail.com> wrote:
From: Armansyah <armansyah.skom@gmail.com>
Subject: Re: [Milis_Iqra] Fwd: [Forum Pembaca KOMPAS] Menjadi Muslim dengan perspektif liberal
To: Milis_Iqra@googlegroups.com
Cc: ulil99@yahoo.com
Date: Friday, August 22, 2008, 8:17 AM

Sampaikan saja salam saya untuk Ulil Abshar (email ini saya cc khan pada ybs juga).
Pertanyaan saya satu : kenapa semua jawaban saya untuk JIL termasuk satu diantaranya untuk Ulil, tidak pernah mendapatkan tanggapan.

Ditunggu konfirmasi yang lalu …

2008/8/22 najla abu <najla.abu@gmail.com>
catatan baru dari Ulil Abshar abdalla,

ada yang mau comment atau silaturahmi..? he..he…he…
ada alamat emainya di bawah ini….

———- Forwarded message ———-
From: Ulil Abshar-Abdalla <ulil99@yahoo.com>
Date: 2008/8/22
Subject: [Forum Pembaca KOMPAS] Menjadi Muslim dengan perspektif liberal
To: Forum Pembaca Kompas <forum-pembaca-kompas@yahoogroups.com>

Tinggalkan komentar anda ...

