Hukum mempromosikan diri

“Berkata Yusuf: “Jadikanlah aku sebagai menteri perbendaharaan negara (Mesir); Sesungguhnya aku adalah orang yang pandai menjaga, lagi berpengetahuan”.” (QS. Yusuf [12] :55)

Dalam ayat ini Allah seakan hendak menunjukkan kepada kita hukum dibolehkannya seseorang untuk menyampaikan keahliannya dalam sebuah pekerjaan sehingga ia dapat dikenal oleh orang lain sebagai orang yang memiliki potensi serta kemampuan dibidang tertentu.

Makna INNII HAFIIZHUN ‘ALIIM pada ayat diatas, istilah Hafiizh yaitu mampu bersikap amanah dalam mengerjakan tugas tersebut sementara ‘aliim artinya dia tahu ilmu dari pekerjaannya tersebut.

Kisah Nabi Yusuf ini bukan dalam hal memuji dirinya sendiri dengan suatu penyifatan berlebihan, karena beliau tidak mengatakan dirinya sebagai orang yang sangat baik, sangat shaleh atau sangat tampan, melainkan ia hanya menyampaikan informasi yang benar tentang kemampuannya.

Dalam kaitannya dengan kehidupan kita sehari-hari, maka melakukan suatu promosi diri untuk suatu jabatan, suatu tanggung jawab berdasar kisah dari kitab suci diatas tentu hukumnya sangat diperbolehkan. Sesuai dengan apa yang memang benar-benar kita kuasai ilmunya.

Misalnya, saya pribadi sebagai seorang sarjana komputer tentu ingin orang tahu bahwa saya punya kemampuan dalam ilmu-ilmu komputer. Maka saya buat blog tentang programming di http://dunia-it-armansyah.blogspot.com/ atau misalnya lagi saya selaku seorang Muslim dan merasa diri punya sedikit ilmu agama untuk dibagi pada orang lain sesuai hadis Nabi “sampaikan walau satu ayat” maka saya menulis buku-buku keagamaan seperti : Rekonstruksi Sejarah Isa Al-Masih, Jejak Nabi Palsu dan terakhir yang baru realase adalah Ramalan Imam Mahdi (lihat : http://armansyah.swaramuslim.com/buku/index.php serta https://arsiparmansyah.wordpress.com/daftar-buku-arman/ ).

Atau misalnya lagi bila saya ingin menggabungkan keduanya maka saya mempromosikan diri melalui pembuatan blog dan milis keagamaan di Internet (lihat : https://arsiparmansyah.wordpress.com/milis_iqra/ serta https://arsiparmansyah.wordpress.com dan http://armansyah.swaramuslim.com )

Ini semua mengingat sabda dari Nabi Muhammad Saw bahwa Muslim yang baik adalah muslim yang berguna bagi orang lain.

Tentu, mempromosikan diri disini bukan untuk gagah-gagahan namun dengan tujuan agar ilmunya bisa dibagi untuk orang lain, kemampuannya bisa bermanfaat untuk kepentingan beragama, berbangsa dan bernegara.

One Response

Tinggalkan komentar anda ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: