Analisa Hadis Cara turunnya Nabi Isa al-Masih (Q-2)

Armansyah menulis, :

Baik, terimakasih tanggapannya mas Dani.

Sekarang kita mendapatkan data awal dari hadis ini bahwa : Nabi Isa akan turun dengan di-iringi oleh malaikat dimana tangan beliau ada disayap-sayapnya.

Hadis ini shahih, dikeluarkan oleh Sahih Muslim No 5228 , Ibnu Majah no 4065, Musnad Ahmad No. 16971, Sunan At Tirmidzy No. 2166, Sunan Abu Dawud No. 3764, dengan runutan sanad dari Abu Khutsamah Zuhairi bin harb, 

Al walid bin Muslim, Abdur Ibnu Yazid bin Jabir, Yahya bin Jabir Ath Thoiyyi qodiy Hish, Abdurrahman bin Jubair, Jibair bin Nufair Al Hadromi dan An Nawas bin Sam’an Al Kilabiy

Sepakat ?


Next, berarti dari sisi sanad minimal sudah tidak ada kesangsian lagi akurasinya, demikian menurut standar yang berlaku didunia hadis.

Sepakat ?

Alhamdulillah, mari kita melangkah pada diskusi selanjutnya …

Isi hadis yang akan dibahas adalah :

Tiba-tiba turun kepada mereka Isa bin Maryam ……. Ia letakkan dua telapak tangannya di atas sayap-sayap malaikat.


Sekarang, saya mulai saja dulu dengan pertanyaan sederhana dan jelas serta meminta jawaban yang juga sederhana dan jelas dari mas Dani.

Dari mana Isa turun ?

Silahkan mas Dani.

Advertisements

27 Responses

  1. KEBENARAN TELAH DATANG

    Ini saya sedikit menyampaikan pandangan. Banyak orang/golongan mengistilahkan/menyebut nama macam2 dengan istilah/nama: “Al Mahdi/Imam Mahdi/ Isa Almasih ke-2/ Satrio Piningit/ Ratu Adil/ Avatar,dan lain sebagainya. Tetapi yang sebenarnya dari macam-macam nama dan istilah itu, orangnya hanya ada satu.

    Data pribadi beliau:

    1. Nama : MUHAMMAD GATOT HARYANTO (MGH)
    2. Tanggal lahir : Jakarta, 10 Nopember 1954
    3. Hari : Rabu Pon

    Beliau adalah sosok manusia mulia yang selalu mengajarkan tentang KEBENARAN yang sejati, yaitu HIDUP YANG BENAR dan HUKUM YANG BENAR.

    HIDUP YANG BENAR

    1. Jujur.
    2. Sholat.
    3. Yakin, sabar, sadar, tekun, ihklas.
    4. Jangan punya niat jelek dengan siapapun termasuk setan sekalipun.
    5. jangan merasa apapun.

    Tanggal 6 Juni 2009
    ttd
    MUHAMMAD GATOT HARYANTO

    HUKUM YANG BENAR

    1. Yang benar hanyalah Allah.
    2. Saya hanya punya hak mengatakan benar dan salah.
    3. Saya tidak punya hak mengadili, menghukum, membunuh.
    4. Marah saya karena sayang.
    5. Walaupun disakiti saya tidak punya hak untuk meyakiti.

    Minggu pagi jam 10.00
    Tanggal, 10 Januari 2010
    ttd
    MUHAMMAD GATOT HARYANTO

    Demikian pandangan singkat saya ini, semoga dapat bermanfaat bagi anda, agar selamat dunia akhirat.

    jika anda ingin tahu lebih detail, silahkan tanya langsung ke beliau atau dapat menghubungi saya di 081386480007 atau ke E-mail: sahrudin.cipayung@gmail.com

  2. benarkah nabi isa dii indonesia, katanya ntr nabi isa turun di masjid damaskus diddampingi malaikat n disana ntr dajjalnya mati.

  3. Mari bersatu mengubah dunia menjadi lebih baik

    Assalamu’alaikum… (Ucapan salam khusus untuk saudaraku yang muslim)

    Pemuda Bani Tamim Perintis Jalan
    (Pentingnya Peranan Pemuda Bani Tamim)

    “Dari Abdullah bin Mas’ud r.a. dia berkata, ketika kami berada ‘disisi Rasulullah SAW tiba-tiba datang sekelompok anak-anak muda dan kalangan Bani Hasyim. Apabila terlihat akan mereka, maka kedua mata Rasulullah SAW berlinang air mata dan wajah beliau berubah. Aku pun bertanya, “Mengapakah kami melihat pada wajahmu sesuatu yang tidak kami sukai?” Beliau menjawab, “Kami ahlul bait telah Allah SWT pilih untuk kami akhirat lebih utama dari dunia. Kaum kerabatku akan menerima bencana dan penyinggkiran sepeninggalku kelak sampai datangnya suatu kaum dari sebelah timur yang membawa bersama mereka panji-panji berwarna hitam. Mereka meminta kebaikan tetapi tidak diberikannya. Makamereka pun berjuang dan memperoleh kemenangan lalu diberikanlah apa yang mereka minta itu, tetapi mereka tidak menerimanya, hingga mereka menyerahkannya kepada seorang lelaki dan kaum kerabatku yang memenuhi bumi dengan keadilan. Sebagaimana bumi dipenuhi dengan kedurjanaan. Siapa diantara kamu yang sempat menemuinya maka datangilah merekawalaupun merangkak di atas salji. Sesungguhnya dia adalah Al Mahdi.(riwayat Abu Daud, Al Hakim At Tarmidzi, Ibnu Majjah, lbnu Hibban, AbuNu’aim, lbnu ‘Asakir, Ibnu‘Adli, Adh Dhahabi, Abu Asy Syeikh)”Dan Ibnu Umar r.a. bahwa Nabi SAW sambil memegang tangan Sayidina Alitelah bersabda: “Akan keluar dan sulbi ini seorang pemuda yang akanmemenuhi bumi ini dengan keadilan (Imam Mahdi) . Maka apabila kamu menyakini yang demikian itu, hendaklah kamu bersama pemuda dari BaniTamim. Sesungguhnya dia datang dari sebelah timur dan dialah pemegang panji-panji Al Mahdi.”(Riwayat At Thabrani)Berdasarkan hadits di atas jelaslah bahwa kebangkitan Islam di akhirzaman terjadi di tangan seorang pemuda dan Bani Tamim. Bani Tamim adalah salah satu cabang dan kabilah Quraisy. Yakni pemuda yang dikatakan akan menyerahkan panji-panji hitam kepada Imam Mahdi. Dengankata lain perjuangan Pemuda Bani Tamim dan Imam Mahdi berkait erat dan sambung-menyambung. Pemuda Bani Tamim ibarat switch, sedangkan Imam Mahdi sebagai lampunya. Apabila switch tidak ditekan, maka lampu tidak akan menyala. Artinya Imam Mahdi belum akan ‘zahir’ bila Pemuda Bani Tamim belum membuat tapaknya. Pemuda Bani Tamim merintis jalan kemudian disambung oleh Imam Mahdi yang akan menegakkan Ummah. Perjuangan dua orang pemimpin ini seperti perjuangan Nabi Harun as. dan Nabi Musa as, yakni berjuang bersamadalam satu zaman dengan mind dan metode yang sama. Kalau diibaratkan orang yang sedang membangun rumah, maka Pemuda Bani Tamim adalah orangyang membangunkan pondasi rumah itu. Untuk membangun rumah yang kokohtentulah pondasinya harus kuat. Imam Mahdi bertugas membangun rumahtersebut, melengkapinya dengan dinding, atap, pintu, jendela, lantai dan sebagainya. Sedangkan Nabi Isa berperan untuk menyempumakan rumah itu, mengisi dengan perabot, menata, serta menghiasinya dengan seindah mungkin. Demikianlah gambaran peranan tiga orang pemimpin besar kurun ini.

    Mengingat pentingnya peranan Pemuda Bani Tamim sudah sepatutnya umatIslam berusaha mencarinya agar dapat dalam kebenaran serta ikut berperan dalam perjuangannya. Bersamanya kita akan mendapat keselamatandan kejayaan di dunia dan di akhirat. Tetapi tidak tertutup peluang bagi setiap pemimpin yang memiliki cita-cita Islam yang tinggi atau pun bagi para ulama yang merasa dirinya mampu, yang dapat berusaha menjadikan dirinya Pemuda Bani Tamim, siapa tahu dia adalah Pemuda yang disabdakan. Seperti halnya para sahabat berlomba-lomba untuk membuktikan sabda Rasulullah SAW bahwa konstantinopel akan jatuh ditangan pemimpin yang baik, dengan harapan di tangan merekalah terjadinya janji itu. Oleh kerana itu, siapa pun dipersilakan untuk merebut peluang ini. Tidak salah dan tidak keterlaluan bila seseorang berlomba-lomba membuktikan dirinya sebagai Pemuda Bani Tamim selagi tanda-tanda besarnya belum terjadi. Bahkan sepatutnya begitu supaya kita sensitif dan serius terhadap setiap janji-janji Allah. Namun sekiranya kita mampu untuk mencapai cita-cita yang amat tinggi itu kita mesti melihat dan mencari kalau ada orang lain yang mampu dan memang sedang bersungguh-sungguh merintis jalan. Bila ternyata ada seseorang pemimpin dan jemaahnya yang telah mampu membuat model masyarakat Islam, maka bergabunglah dengan perjuangannya dan jangan tunda-tunda lagi.

    Duhai saudaraku, marilah kita berjihad bersama-sama guna membuka jalan Sang Imam yang akan memenuhi dunia ini dengan keseimbangan dan keadilan.

    Bagi anda yang ingin mengetahui panduan jihad silakan kunjungi http://www.benderahitam.wordpress.com

    Bagi anda yang ingin main-main ke blog saya silakan kunjungi http://www.bangbois.blogspot.com

    Wassalamu’alaikum… (Ucapan salam khusus untuk saudaraku yang muslim)

    Peace V ^_^
    ===================================================
    Alhamdullilah… Para pemikir… Mujahid pena… kian bersemangat dan terus bergandengan tangan melawan kaum materialis dan setanis dengan untaian kata, yang dengan ikhlas dilakukan demi ridha Allah semata, walaupun hanya satu ayat. Berbahagialah Orang Islam Sedunia, Insya Allah dalam waktu dekat, mungkin satu, tiga, delapan, atau sebelas tahun lagi, terhitung mulai tahun 2008, Wallahu’alam. Akan datang seseorang dan berkata, “Hai umat manusia, mulai saat ini pemimpinmu adalah Al Mahdi.”

  4. Assalam Mualikum,

    Disini saya ingin nyatakan pada semua yang berdiskusi pasal Isa Al Masih, cuba faham al Quran secara sepatut nya.
    Isa di sebut KALAM ALLAH(WORD) di perkuat kan ngan RUHUL QUDDUS dan MOHD menerima wahyu dari RUHUL QUDDUS. Bila MOHD berbicara dalam QURAN tentang ISA , ISA bercakap as the first person. Ingat bukan MOHD akan bunuh DAJJAL AL MASIH, tetapi ISA AL MASIH. Kenapa MOHD bercakap ISA ada lah orang yang paling dia kasihi dan paling hampir ngan dia? Kenapa MOHD tak turun untuk memerintah alam di akhir zaman? Kenapa ALLAH meniupkan RUHNYA ke dalam ISA AL MASIH( surah al anbiya)
    MOHD hanya pesuruh saja, tetapi ISA adalah perkataanNYA.
    Ya, dia akan kembali , saperti dalam QURAN dan saperti dalam INJIL..” I am going to the place of MY FATHER, in the place of my father there is many mansion”(palace) Ingat disebut dalam INJIL, tempat diakan datang ialah “the country of ten kings”. Dia juga sebut tempat dia kan datang ialah the New Jerusalem.
    So fikir fikirkan MALAYSIA(AISYALAM) TEN KINGS hanya Malaysia yang ada 10 Raja (Bolih campur BRUNEI kalau nak) Domain Malaysia ialah MY. Dan tempat kapal Nabi Sulaiman datang mengambil emas ialah Malaysia, di sebut GOLDEN CHERSONESE dan India menamakan MALAY PENINSULA ,SWARNABHUMI, the land of GOLD, dan dimana negara yang paling banyak istana, bukan ke malaysia. So fikirfikirkan , dan renung renunglah. Tak payah dengar pendapat janggut2 yang memang baghal dan bodoh. sal dalam QURAN ulamak tak ujud, yang ada ULIL AMRI.

  5. […] 8. Analisa hadis cara turunnya Nabi Isa al-Masih (arsip diskusi dimilis_iqra) […]

  6. HanNYA kepada ALLAH SWT ,lah tempat kita menyembah dan meminta pertolongan.

  7. This amazing article, “Analisa Hadis Cara turunnya Nabi Isa al-Masih (Q-2)
    Arsip Armansyah” illustrates that u understand just
    what you’re talking about! I personally fully am in agreement. Many thanks -Santos

Comments are closed.

%d bloggers like this: