Pertanyaan tentang Sholat

Saya mau menanyakan ttg sholat sbb :

1. Apakah boleh sholat tahajud hanya 2 (dua) rakaat ditambah 1 (satu) witir ?
Jawab :
Sholat Tahajud artinya sholat malam, sering juga disebut dengan nama sholat sunnah malam.; Sholat witir artinya sholat yang ganjil.; yaitu sholat sunnah dengan jumlah rekaat yang ganjil seperti 1, 3, 5, 7 atau 11 raka’at.
Sholat Tahajud dan witir boleh dikerjakan 10 rekaat plus witir jadi 11 reekaat, dua rekaat plus satu rekaat witir.
Sumber : Pengajaran Shalat karya A. Hassan, Penerbit CV. Diponegoro Bandung, pasal ke-12 Sembahyang Tahajud dan Witir, halaman 59-60.

Telah berakata ‘aisyah : Adalah Rasulullah Saw pernah sholat witir 3 rekaat yang tidak ia selingin diantaranya – Riwayat Ahmad
Menurut beberapa riwayat sholat witir itu boleh dikerjakan 1, 3, 5, 6 atau 9 reka’at, hadis-hadis dan riwayat yang menerangkan sholat tahajud Nabi hampir semuanya menunjukkan bahwa sholat tahajud dan witir yang dikerjakan olehnya itu maksimal antara sebelas sampai 13 reka’at.

2. Selesai sholat terus langsung berdoa, mohon dapat dikaruniai misalnya, kesehatan, tambahan ilmu (agama) dll. Apakah caranya harus sama seoerti kalau kita sholat fardhu, yaitu dg mengucapkan tahmid, tasbih dll sebanyak 35 kali dst nya ?

Jawab :
Firman Allah :
Orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring … -Qs. Ali Imran 3:191
Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram. -Qs. 13 ar-Ra’d :28
Hai orang-orang yang beriman, janganlah hrata-hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barangsiapa yang membuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang rugi. -Qs. 63 al-Munafiqun :9
Katakanlah:”Siapakah yang dapat menyelamatkan kamu dari bencana di darat dan di laut, yang kamu berdoa kepada-Nya dengan berendah diri dan dengan suara yang lembut (dengan mengataka):”Sesungguhnya jika Dia menyelamatkan kami dari (bencana) ini, tentulah kami menjadi orang-orang yang bersyukur. -Qs. al-An’am 6:63
Dari 4 ayat diatas dan beberapa ayat lainnya maka seyogyanya untuk mengingat Allah tidak terikat dengan tempat dan waktu, begitupula halnya dengan berdoa. kapan saja kita ingin berdoa, entah untuk hal yang sifatnya spontanitas ( seperti berdoa agar terhindar dari sebuah malapetaka dijalan karena saat itu kita kebetulan melihat sebuah kecelakaan atau juga berdoa agar Allah menyelamatkan dan mengasihi pengemis dijalanan yang sedang tertatih-tatih membawa topi yang digunakan untuk meminta-minta atau sejenisnya ) maupun untuk hal yang sifatnya bentuk syukur dan minta pertambahan nikmat karunia;
Saya sendiri sering memanjatkan doa ketika tidak sengaja misalnya dijalan melihat seseorang yang cacat tengah berjalan yang kira-kira intinya meminta Allah meringankan langkahnya dan memberikan ketabahan kepadanya untuk menerima kenyataan atau ketika melihat orang-orang yang tinggal diperumahan kumuh dengan harapan suatu hari mereka akan lepas dari kesulitan perekonomian mereka dan bisa tinggal ditempat yang layak.
Kadang saya juga bersyukur ketika memandang langit lepas, melihat burung beterbangan secara bebas atau ketika melihat ada anjing dan kucing sedang kejar-kejaran … yah, bersyukur bahwa saya dilahirkan secara sempurna sebagai manusia, makhluk berakal, sekaligus berdoa agar dengan nikmat ini bisa bermanfaat bagi orang lain.
Kira-kira meniru keteladanan Nabi Sulaiman saat beliau mendengarkan semut berbicara untuk menghindar dari pijakan kaki beliau dan tentaranya.
Jadi, tidak harus terlebih dahulu mengucapkan tasbih, tahlil dan tahmid … namun alangkah baiknya jika kita tetap bisa mendahuluinya dengan kata-kata pujian kepada Allah lalu baru berdoa bagi diri kita atau orang lain. [ kira-kira ada etikanya lah kurang lebih ]

3. Berapa menit kira2 habisnya waktu untuk tahajud sebelum masuk waktu subuh ?

Jawab :
Sholat malam itu 2 reka’at, dua reka’at, maka apabila engkau takut ( hampir tibanya ) shubuh hendaklah engkau witirkan satu reka’at – Riwayat Bukhari dan Muslim
Telah berkata Ibnu Mas’ud : Sesungguhnya Nabi Saw sholat witir itu pada permulaan malam dan pada pertengahan malam dan pada akhir malam. – Riwayat Thabrani
Jadi, diperkirakan saja menurut saya.
Kalau subuhnya pukul 04.35 pagi, ya Tahajudnya kurang lebih pukul 04.00 atau 04.15-an.

4. Pernah terjadi, saya sholat subuh ternyata belum waktunya. Selesai sholat kira2 5 menit, lalu terdengar adzan subuh. Apakah saya harus mengulangi sholat, karena sholat sebelum waktunya dapat dianggap tidak sah, atau tidak perlu mengulang karena itu suatu kekhilafan.

Jawab :
Sepertinya anda tidak perlu mengulangi sholat tersebut, sebab terkadang dalam hal penentuan waktu sholatpun umat Islam berbeda.
Sebagai contoh, saya punya aplikasi Shollu, disana disediakan pengaturan setting hisab berdasarkan beberapa metode : misalnya Universitas Keislaman Karachi, Federasi Islam Amerika Utara, Rabithah Alam Islami, Universitas Ummul Qura, Dinas Geologi Mesir … ada juga berdasarkan madzhab Hanafi, madzhab Syafei dan seterusnya.
Sehingga ya diperkirakan saja lagi antara rentang waktu diantara semua hisab tersebut, disisi lain, bisa saja sang muadzin bangun kesiangan dan adzan setelah lewat waktu sebenarnya. Ditempat saya sering ini kejadian, ditempat lain sudah adzan sekitar 5 menitan lalu, eh di masjid dekat rumah baru mulai adzan.
InsyaAllah sholat kita diterima Allah.
5. Majelis Taklim. Apakah artinya “taklim” disini ?

Jawab :
Majelis Taklim artinya perkumpulan mencari untuk ilmu, dan masih menurut saya, ilmu disini harusnya tidak dibatasi dengan ilmu-ilmu keagamaan semata sebagaimana juga majelispun tidak harus di-ikatkan dengan arti jemaah masjid tetapi juga harusnya mencakup seperti sekolah, perguruan tinggi, kantor dan sebagainya dimana kita bisa menimba ilmu baik secara langsung ataupun tidak.

Demikian yang bisa saya jawab sementara in

About these ads

Tinggalkan komentar anda ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: